BIJB Kertajati Sudah Siap Layani Pindahan Penerbangan dari Bandara Husein Bandung

- 11 Oktober 2023, 10:00 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat tinjau kesiapan Bandara Kertajati di Majalengka Selasa, 10 Oktober 2023.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat tinjau kesiapan Bandara Kertajati di Majalengka Selasa, 10 Oktober 2023. /Humas Jabar/

PRFMNEWS – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin memastikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka sudah siap menerima peralihan operasional penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara, Kota Bandung mulai 29 Oktober 2023.

Kesiapan ini dipastikan Bey Machmudin setelah melakukan pengecekan semua fasilitas Bandara Kertajati Majalengka termasuk integrasi moda transportasi pendukungnya bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Selasa 10 Oktober 2023.

"Semua sudah siap dari segi fasilitas dan kami yakin pada tanggal 29 Oktober 2023 nanti berjalan sesuai rencana, penerbangan pesawat jet akan dipindahkan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati," ujar Bey Machmudin.

Baca Juga: Daftar Maskapai Dilayani Bandara Kertajati Bertambah, Terbang Mulai 30 Oktober dengan Tiket Promo

Sebelum mengecek fasilitas BIJB Kertajati, Bey bersama rombongan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan simulasi penggunaan bus Damri yang akan menjadi angkutan feeder untuk melayani calon penumpang pesawat dari Kota Bandung ke Bandara Kertajati atau sebaliknya.

Bus Damri berangkat dari Jalan Kebon Kawung dekat Stasiun KAI Bandung, Kota Bandung pukul 09.00 WIB melintasi Jalan Tol Cisumdawu. Tanpa menggunakan pengawalan, bus tiba di Bandara Kertajati, pukul 10.30 WIB.

"Kami sudah simulasi menggunakan bus Damri sesuai dengan penumpang yang nanti akan menggunakan armada feeder tersebut. Sengaja kami tidak menggunakan pengawalan dan waktu tempuhnya tadi selama 1 jam 30 menit," ungkap Bey.

Baca Juga: Waktu Tempuh Bandung-Bandara Kertajati Naik Damri Lebih Singkat Daripada ke Soetta, Segini Tarifnya

Menurutnya, waktu tempuh tersebut lebih singkat ketimbang menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten yang bisa mencapai 2 jam lebih. Untuk itu dia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan bandara terbesar kedua di Indonesia tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x