Seblak Diusulkan jadi Warisan Budaya Tak Benda dari Jawa Barat

- 9 September 2023, 12:30 WIB
Seblak janda Ujungberung Kota Bandung.
Seblak janda Ujungberung Kota Bandung. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Siapa yang gak tau seblak, makanan khas Jawa Barat ini sangat populer dan disukai orang banyak.

Dari mulai kemasan instan di ecommerce, gerobakan pinggir jalan, kedai kecil, bahkan kini beberapa restoran juga mengadopsi seblak ke dalam menunya. Belakangan juga viral seblak coet ala Rafael SMASH, yang banyak di-recook dan dijual.

Seblak memiliki cita rasa pedas dan gurih terbuat dari kerupuk yang terdiri dari bawang putih dengan kencur, namun kini, kehadiran seblak telah berubah dengan banyaknya topping sesuai selera masyarakat. Makanan ini sudah ada sejak lama dan tetap diminati sampai saat ini di berbagai kalangan masyarakat.

Baca Juga: Ema Sumarna Libatkan Kepala Sekolah dan Guru untuk Penanganan Darurat Sampah di Kota Bandung

Terbaru, kini seblak khas Jawa Barat ini akan direkomendasikan jadi warisan budaya tak benda, yang akan didaftarkan ke UNESCO.

Melansir dari Antara, Sabtu, 9 September 2023, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Perlindungan Budaya pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Rusmiati mengungkapkan perlu ada pengkajian lebih lanjut sehingga kuliner seblak bisa diusulkan sebagai warisan budaya.

"Kalau di Garut itu, banyak sebenarnya warisan budaya kita. Misalkan ini yang lagi ramai kuliner seblak. Itu dari Bandung apa Garut, harus ada kajian dan bisa diusulkan sebagai warisan budaya," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Akan Beli Gibrik Mini dan Loader untuk Penanganan Darurat Sampah

Tak serta-merta bisa langsung naik jadi warisan budaya, seblak harus memenuhi syarat terlebih dahulu, yakni dari segi sejarah dan cerita menariknya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x