Makna Dibalik Pembentangan Bendera Merah Putih Raksasa di Bukit Tasikmalaya oleh TNI

- 20 Agustus 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi bendera merah putih.
Ilustrasi bendera merah putih. /Unsplash/Mufid Majnun

PRFMNEWS - Bendera Merah Putih raksasa ukuran 150x10 meter dibentangkan di Bukit Panyangrayan, Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, untuk membangun jiwa nasionalisme pada momentum HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Pembentangan Bendera Merah Putih raksasa di Bukit Panyangrayan Tasikmalaya dengan ketinggian sekira 350 mdpl ini dilakukan oleh tim dari Komando Distrik Militer (Kodim) TNI/0612 Tasikmalaya bersama masyarakat pada Sabtu, 19 Agustus 2023.

Makna pembentangan Bendera Merah Putih raksasa di Bukit Panyangrayan Tasikmalaya dalam momen peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini diungkap Komandan Kodim TNI/0612 Tasikmalaya Letkol Inf R Henra Sukmadjidibrata.

Baca Juga: Bangun Lagi Pasar Sadang Serang, Pedagang dan Perumda Pasar Juara Sepakati Sejumlah Ketentuan

Henra Sukmadjidibrata mengatakan, pengibaran bendera memperingati HUT ke-78 RI itu sebagai wujud semangat masyarakat cinta Tanah Air yang berjuang bersama-sama mulai dari membuat sampai mengibarkan.

Makna dari serangkaian kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih raksasa itu, jelas Henra, sebagai gambaran bahwa pada zaman dulu para pejuang tidak mudah untuk meraih kemerdekaan Indonesia, hingga akhirnya kemerdekaan bisa dinikmati sampai saat ini.

"Maknanya tentu saja segala sesuatu itu butuh perjuangan, butuh kesungguhan, ini (pembuatan bendera) diimplementasikan selama satu bulan persiapannya," kata Henra, dikutip prfmnews.id.

Baca Juga: Kolaborasi Erigo dan JKT48 di Shopee Live Hasilkan Rp5 Miliar Kurang dari 10 Menit

Ia menjabarkan bahwa kegiatan tersebut tidak mudah untuk dilaksanakan, dari mulai pembuatan sampai pembentangan butuh perjuangan. Proses itu merupakan bagian dari upaya menunjukkan kecintaan terhadap bangsa saat momentum HUT Kemerdekaan RI.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x