Ini Rute Calon Ruas Tol Baru Penghubung Bogor-Bandung yang Bakal Dukung Operasional Cipularang

- 9 Agustus 2023, 19:00 WIB
Tol Bocimi Seksi 2 baru saja diresmikan Presiden Jokowi, akan dilanjutkan ke Cianjur hingga Bandung. Bupati Cianjur berharap Tol Cianjur segera terealisasi dan tidak bernasib seperti Tol Puncak II.
Tol Bocimi Seksi 2 baru saja diresmikan Presiden Jokowi, akan dilanjutkan ke Cianjur hingga Bandung. Bupati Cianjur berharap Tol Cianjur segera terealisasi dan tidak bernasib seperti Tol Puncak II. /Dok PT Waskita Karya

PRFMNEWS – Kementerian PUPR telah merencanakan pembangunan proyek ruas tol baru di Jawa Barat untuk menghubungkan wilayah Bogor ke Bandung melalui Padalarang.

Proyeksi rute ruas tol baru penghubung Bogor-Bandung ini sudah masuk dalam rencana umum Kementerian PUPR dan Surat Keputusan-nya telah ditetapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Rute ruas tol baru di Jabar yang akan mempermudah akses Bogor-Bandung ini disiapkan guna mendukung operasional Tol Cipularang yang selama ini jadi andalan warga Jakarta menuju Kota Kembang.

Baca Juga: Bangunan di Kota Cimahi yang Dilanda Kebakaran Merupakan Rumah yang Dijadikan Gudang Kosmetik

Rute ruas tol baru di Jabar tersebut merupakan perpanjangan dari Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) yang memiliki total empat seksi, dimana seksi 1 dan 2 telah resmi dioperasikan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir menyampaikan, nantinya setelah keempat seksi Tol Bocimi selesai, maka akan dilanjutkan dari Sukabumi menuju Ciranjang, Kabupaten Cianjur hingga Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Kehadiran ruas tol baru dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Padalarang ini, ujar Munir, diharapkan bisa bantu memecah kepadatan kendaraan yang kerap terjadi di Tol Cipularang.

Baca Juga: Diskon Per Oktober, Ini Daftar Travel dan Bus ke Bandara Kertajati, Lengkap Tarif, Rute, Nomor Telepon

"Kalau kita melihat setelah Tol Jakarta-Cikampek II Selatan berfungsi seluruhnya bersama dengan Jalan Tol Layang MBZ dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang sudah beroperasi, maka kemungkinan potensi kemacetan dapat terjadi di Jalan Tol Cipularang," ucap dia, dikutip prfmnews.id.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah