Tim Pemeriksaan Hewan Kurban Provinsi Jabar Disebar ke 27 Daerah

- 24 Juni 2023, 08:15 WIB
Ilustrasi Sapi
Ilustrasi Sapi /MataBangka.com/Syahrizal

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melepas Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Tim Pemeriksa ini akan disebar ke 27 kota/ kabupaten guna memastikan mulai dari aktivitas jual beli hingga kesehatan hewan kurban baik dan halal.

Tim terdiri dari unsur pemerintahan, akademisi dari beberapa perguruan tinggi dan SMK Peternakan, asosiasi Juru Sembelih Hewan (Juleha), asosiasi obat hewan, paramedik veteriner, dan unsur lainnya.

Baca Juga: Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat

"Alhamdulillah dengan bahagia Saya melepas Tim Monitoring Hewan Kurban, di 27 kota/kabupaten untuk memastikan jual beli berlangsung dengan baik, halal, tidak ada hal- hal negatif, tentunya hewan yang disembelih sehat sesuai dengan syariat," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Terkait penyakit cacar sapi atau lumpy skin disease (LSD), setelah penyakit kuku mulut (PMK), Gubernur menyebut Jabar telah mengantisipasi sebaik mungkin.

"Kita sudah antisipasi dalam bentuk obat gratis, pemeriksaan, vaksin juga, pengalaman PMK luar biasa sehingga menjadi pembelajaran kalau ada penyakit yang bukan PMK pun, metode pertahanan kita terhadap ketahanan hewan sudah sangat baik, pemerintah memastikan hewan sehat," jelas Ridwan Kamil.

Baca Juga: Libur Idul Adha Ditambah, Warga Muhammadiyah Diimbau Potong Hewan Kurban pada 29 Juni

Gubernur mengungkap tahun ini sekitar 261.000 hewan kurban di Jawa Barat akan disembelih pada hari raya Idul Adha.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x