Tips Bersihkan, Simpan, Masak Daging Kurban Hindari Potensi Virus PMK

- 20 Juni 2023, 17:40 WIB
Ilustrasi hewan kurban.
Ilustrasi hewan kurban. /Antara/Arnas Padda/

PRFMNEWS – Tips dan cara mengolah daging hewan kurban yang tepat agar terhindar dari potensi penularan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) antara lain pada sapi, kambing dan domba jelang Idul Adha 2023 penting diketahui.

Tips mengolah daging kurban Idul Adha seperti cara membersihkan, menyimpan dan memasak yang tepat untuk mencegah potensi tertular virus PMK ini salah satunya disampaikan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Bandung.

Cara mencuci, menyimpan dan memasak daging kurban Idul Adha yang baik dan benar untuk menghindari potensi penularan virus PMK oleh DKPP diungkap melalui laman resmi Pemkot Bandung, Selasa 20 Juni 2023.

Baca Juga: Siap Sambut Idul Adha? Ini 7 Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung Wilsandi Saefuloh mengatakan, mengolah daging kurban untuk dikonsumsi itu harus dibersihkan hingga dimasak sampai matang sempurna.

Menurut Wilsandi, setelah dicuci dan sebelum dimasak, ada baiknya daging kurban ini disimpan dalam freezer kulkas terlebih dahulu hingga beku.

“Pertama cuci bersih dulu, tempatnya bersih, air mengalir, lebih baik dibekukan terlebih dahulu," ujar Wilsandi.

Baca Juga: Pemkot Bandung Perhatikan Kesehatan Hewan Kurban yang Akan Disembih Saat Idul Adha Nanti

Ia menyarankan agar sanitasi menjadi kunci utama untuk pengolahan khususnya saat memotong-motong daging setelah dicuci. Seperti pisau, tangan, hingga tempat untuk mengemasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x