3 Tol Baru di Jawa Barat Ini Dioperasikan untuk Mudik Lebaran 2023

- 15 April 2023, 07:35 WIB
Kadishub Jabar A. Koswara.
Kadishub Jabar A. Koswara. /Tommy Riyadi/prfmnews

PRFMNEWS - Tiga ruas tol baru di Jawa Barat siap digunakan untuk jalur mudik Lebaran 2023 ini, untuk memfasilitasi pemudik yang melintas jumlahnya diperkirakan 20 juta orang.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar A Koswara mengatakan, tiga tol baru itu adalah Tol Japek 2 tujuan Karawang  - Sadang, Tol Bogor - Sukabumi, dan Tol Cisumdawu antara ruas Cimalaka -Cipali.

"Kalau tol Trans Jawa dan jalan nasional itu kewenangan pusat, kami mengantiispasi di keluar Tol Japek, Bogor, dan Cisumdawu serta jalan provinsinya," ujar Koswara, Kamis 13 April 2023.

Baca Juga: Info Mudik 2023, Diskon Tarif Tol Tangerang-Merak untuk Perjalanan pada Periode Tanggal ini

Untuk Tol Cisumdawu, mulai ruas Cimalaka - Cipali hanya akan dioperasikan situasional dari pukul 06.00 - 15.00 WIB, satu arah saja baik untuk arus mudik maupun arus balik. Sedangkan ruas Cileunyi - Ujungjaya beroperasi seperti biasa.

Menurut Koswara, pemudik diperkirakan banyak yang melintasi jalur tol Trans Jawa sehingga Dinas Perhubungan Jabar menyiapkan antisipasi peningkatan pemudik yang akan lewat di tiga ruas tol baru di Jabar yang dibuka fungsional. 

Dinas Perhubungan juga telah mengantisipasi kemungkinan mudik lokal dan keramaian di jalur wisata. Diprediksi sekitar 43 persen warga Jabar akan melakukan perjalanan atau mudik lokal dan berwisata. 

Baca Juga: Jadwal dan Daftar 5 Ruas Jalan di Jabar Berlaku Pembatasan Angkutan Barang Masa Mudik-Balik 2023

Koswara menjelaskan, pihaknya menyiapkan 127 posko pengamanan bekerja sama dengan dinas perhubungan kabupaten/kota. Total personil gabungan yang diturunkan sebanyak 4.500 petugas. 

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x