9 Kopi Khas Jawa Barat yang Mendunia dan Layak Kamu Coba

- 3 Maret 2023, 13:40 WIB
Ilustrasi kopi khas Jawa Barat
Ilustrasi kopi khas Jawa Barat /Pixabay/Anja

PRFMNEWS - Ada cerita panjang di balik kenikmatan secangkir kopi. Kehadirannya di Nusantara tak lepas dari sejarah kolonialisme. Kisahnya bahkan tercatat dalam buku Max Havelaar karya Eduard Douwes Dekker.

Dulu saat masih dijajah Belanda, kopi Jawa Barat merupakan primadona. Kopi menjadi komoditas ekspor terbesar ke Belanda. Bahkan alasan dibangunnya kota Bandung oleh bupati saat itu Wiranatakusumah II adalah karena keberadaan kopi.

Jenis kopi arabika menjadi satu-satunya jenis kopi yang ditanam oleh Belanda di Jawa Barat. Pada Masa itu kopi Priangan menjadi komoditas unggulan bagi VOC untuk diperdagangkan.

Baca Juga: TikTok Kembangkan Fitur Parental Control untuk Cegah Anak Nonton Konten Tertentu

Kini kejayaan kopi pada masa Belanda coba dikembalikan oleh para petani dari bumi Priangan. Para petani kopi ini telah membuat kopi dari Jawa Barat ini kembali diakui oleh dunia internasional.

Kopi Jawa barat dikenal akan cita rasa yang manis dan juga aromanya yang unik. Berikut ini adalah beberapa jenis kopi dari Jawa Barat yang layak kamu coba.

1. Kopi Malabar

Kopi Malabar berasal dari perkebunan kopi yang berada di daerah Pangalengan, oleh karena itu kopi jenis ini juga dikenal dengan Kopi Pangalengan.

Kopi Malabar merupakan jenis kopi yang awalnya dibawa oleh Hindia belanda dari Malabar di India. Jenis kopi ini memperoleh julukan Java Preanger pada masa Hindia Belanda. Kopi Ini tumbuh di ketinggian 1.500 mdpl.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x