Waspada KLB Difteri di 7 Wilayah Jabar, Kenali Gejala, Cara Penularan dan Upaya Pencegahan

- 3 Maret 2023, 11:00 WIB
Imunisasi difteri di Garut yang digelar Dinkes Jabar.
Imunisasi difteri di Garut yang digelar Dinkes Jabar. /Jabarprov.go.id/

PRFMNEWS – Dinas Kesehatan Jawa Barat mengimbau masyarakat untuk waspadai wabah difteri memicu kejadian luar biasa (KLB) yang berpotensi terjadi di 7 kabupaten/kota di Jabar.

Untuk mencegah KLB difteri, Dinkes Jabar mengimbau masyarakat mengenali gejala, cara penularan, hingga cara mencegah agar tidak terinfeksi bakteri Corynebacterium Diphtheriae.

Gejala, cara penularan hingga upaya pencegahan tertular difteri ini penting diketahui agar lebih mudah memberikan pertolongan dan penanganan pada penderita sedini mungkin.

Baca Juga: Bupati Bandung Dadang Supriatna Resmi Bergelar Doktor pada Bidang Ilmu Ekonomi

Dikutip dari Instagram resmi Pemprov Jabar, KLB difteri pertama kali ditemukan di Kabupaten Garut yang menyebabkan 7 orang meninggal dunia.

Ketua Tim Surveilans Dinkes Jabar Dewi Ambarwati mengatakan, penyebab pasien meninggal didominasi karena mereka tidak memahami tentang penyakit difteri sehingga lalai dalam penanganan pertama.

Padahal difteri merupakan penyakit menular yang tidak boleh disepelekan karena tergolong penyakit yang berisiko merusak jantung, ginjal atau otak penderitanya.

Bakteri penyebab difteri ini dapat menyebar dari orang ke orang lain melalui percikan (droplets) dan air liur saat batuk atau bersin juga melalui luka terbuka pada kulit.

Baca Juga: Polisi Buru 5 Terduga Pelaku Pembacokan Remaja Viral di Depo Air Minum Riung Bandung

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x