Perhatikan Ciri-ciri dan Gejala Penularan Difteri, Jangan Sampai jadi KLB di Bandung!

- 1 Maret 2023, 11:00 WIB
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bandung,  dr. Ira Dewi Jani mengungkap gejala penyakit difteri, Selasa 28 Februari 2023.
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr. Ira Dewi Jani mengungkap gejala penyakit difteri, Selasa 28 Februari 2023. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten Garut telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri.

Hal ini lantaran sebanyak delapan orang menjadi korban difteri yang merupakan penyakit menular

Sementara itu Pemerintah Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penularan difteri.

Baca Juga: Harga BBM Shell di Bandung Juga Naik Per Hari Ini 1 Maret, Cek Selengkapnya

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Ira Dewi Jani menjelaskan, difteri merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium.

Menurut dokter Ira, cara penularan difteri mirip-mirip Covid-19, yakni melalui droplet (air liur) saat berbicara, bersin, atau batuk.

Oleh karena itu hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencegah difteri menjadi wabah dan Kota Bandung menetapkan status KLB.

Baca Juga: Kronologi Perampokan Uang BOS Rp167 Juta di Garut, Para Pelaku Bagi Tugas Salah satunya Nyamar Jadi ASN

"Imunisasi itu dapat mencegah dia (difteri) bermanifestasi. Sehingga meski potensi tertular itu tetap ada tapi tidak menimbulkan manifestasi klinis atau saat anak tertular atau bergejala tidak menimbulkan komplikasi yang hebat atau kematian," ujar dokter Ira pada Selasa, 28 Februari 2023 kemarin.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x