Ada KLB Difteri di Garut, Dinkes Jabar Lakukan Imunisasi

- 1 Maret 2023, 15:16 WIB
Imunisasi difteri di Garut yang digelar Dinkes Jabar.
Imunisasi difteri di Garut yang digelar Dinkes Jabar. /Jabarprov.go.id/

PRFMNEWS - Seiring dengan adanya wabah difteri di Garut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) melakukan Outbreak Response Immunization (ORI). Hal ini dilakukan guna menanggulangi wabah difteri tersebut.

Menurut Kepala Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Jabar Rochady, ORI ini baru digelar di Kecamatan Pangatikan yang sudah positif terjadi wabah difteri.

"Jadi baru kita lakukan di Kabupaten Garut, khususnya di Kecamatan Pangatikan yang sudah positif, sementara enam daerah lainnya masih dilakukan pemeriksaan sampling di laboratorium," kata Rochady di Kota Bandung, Selasa 28 Februari 2023 kemarin.

Baca Juga: Perhatikan Ciri-ciri dan Gejala Penularan Difteri, Jangan Sampai jadi KLB di Bandung!

Ia menuturkan, sasaran ORI di Kecamatan Pangatikan lebih dari 11.000 dari golongan usia 0 hingga 11 bulan, bayi di bawah dua tahun, anak usia sekolah kelas 1, kelas 2, dan kelas 5.

"Namun kemarin kita menghadapi kendala cuaca hujan besar, jadi target 1.800 di kecamatan itu baru 800 sasaran yang diimunisasi. Maka dalam seminggu ini kita akan kejar ORI di Kecamatan Pangatikan" ujarnya.

Upaya imunisasi tersebut menurut Rochady, selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, juga pada kasus tertentu untuk mengisolasi penyebaran penyakit agar tidak meluas ke tempat lain.

Baca Juga: Garut Ditetapkan KLB Difteri, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x