Puluhan Hoaks Beredar Luas di Tengah Musibah Gempa Cianjur

- 1 Desember 2022, 08:30 WIB
Ilustrasi hoaks gempa Cianjur.
Ilustrasi hoaks gempa Cianjur. / /Pixabay/muhnaufals

PRFMNEWS - Gempa Cianjur yang terjadi beberapa waktu lalu tidak hanya menyisakan duka saja, namun banyak sekali kabar bohong atau hoaks yang beredar di tengah musibah yang menimpa warga Cianjur tersebut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) tak hanya menangani dampak gempa bumi Cianjur yang sedang berlangsung dengan memenuhi kebutuhan pengungsi dan melakukan rehabilitasi serta rekonstruksi.

Pemprov Jabar juga turut menangani serta mengklarifikasi puluhan hoaks atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan yang dapat memperkeruh upaya penanganan gempa Cianjur yang sedang dilakukan.

Baca Juga: Dalam Sepekan, Jabar Saber Hoaks Berantas Puluhan Hoax Terkait Gempa Cianjur

Dalam sepekan terakhir, Jabar Saber Hoaks (JSH), unit khusus penanganan isu informasi bohong di lingkup Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar telah menerima 59 aduan hoaks terkait gempa Cianjur.

Rinciannya, sebanyak 23 kasus hoaks yang telah diklarifikasi. Untuk hasil klarifikasi telah tim Jabar Saber Hoaks publikasikan di akun Instagram JSH.

Menurut Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah, hoaks tentang penanganan gempa Cianjur dengan jumlah 23 terbilang banyak.

"Rata-rata dalam sebulan JSH menerima 40-an kasus hoaks yang diklarifikasi. Namun ketika gempa Cianjur, JSH menerima 23 kasus hoaks dalam sepekan sejak tanggal 21 November 2022 sampai hari ini," kata Ika, seperti yang dikutip prfmnews.id dari laman resmi Pemprov Jabar, pada Kamis 1 Desember 2022.

Baca Juga: Peringati Hari Disabilitas Internasional, Pemkot Bandung Gelar Bursa Kerja untuk Disabilitas pada 3 Desember

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x