Jumlah Pasien Gagal Ginjal Akut di Indonesia Naik Cepat Selama 2 Bulan, Jabar Peringkat Kedua, Kata Menkes

- 22 Oktober 2022, 19:20 WIB
Ilustrasi, pasien gagal ginjal aku di Indonesia naik drastis di Indonesia, Jawa Barat ada di peringkat dua.
Ilustrasi, pasien gagal ginjal aku di Indonesia naik drastis di Indonesia, Jawa Barat ada di peringkat dua. /Pexels/Ana Shvets

PRFMNEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kenaikan jumlah pasien gagal ginjal akut progresif (Acute Kidney Injury/AKI) pada anak dengan usia variatif berjalan cepat.

Percepatan kenaikan jumlah kasus anak pasien gagal ginjal akut progresif di Indonesia ini, ujar Menkes Budi, dilihat dari data selama dua bulan terakhir sejak Agustus sampai 21 Oktober 2022, dengan total sebanyak 241 orang.

Adapun data jumlah anak pasien gagal ginjal akut progresif yang dilaporkan meninggal dunia, ujar Menkes, yakni sebanyak 133 jiwa dari total keseluruhan tersebut.

Baca Juga: Terjadi Longsor, Ruas Jalan Ciwidey - Cidaun Tertutup, Semua Jenis Kendaraan Tidak Bisa Lewat

Budi menjelaskan, berdasarkan laporan Kemenkes per 21 Oktober 2022, provinsi dengan peringkat pertama atau terbanyak menyumbang kasus gagal ginjal akut progresif yakni DKI Jakarta.

Jumlah pasien AKI di ibu kota negara ini mencapai 57 pasien, 28 di antaranya meninggal dunia, 22 dalam proses pengobatan, tujuh sembuh dan satu pasien tidak terkait AKI.

Kedua, Jawa Barat dengan kasus AKI mencapai 33 pasien. Sebanyak 17 di antaranya meninggal, 13 dalam pengobatan, dan 3 lainnya sembuh.

Baca Juga: Daftar 102 Merek Obat Sirup Pernah Dikonsumsi Anak Pasien Gagal Ginjal Akut yang Diungkap Kemenkes

Ketiga, Aceh sebanyak 31 pasien, 21 di antaranya meninggal, 6 dalam proses pengobatan, dan 4 lainnya sembuh.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x