KABAR BAIK Obat Gagal Ginjal Akut pada Anak Ditemukan, Dapat dari Singapura dan Sudah Diuji Coba

- 22 Oktober 2022, 15:10 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin.
Menkes Budi Gunadi Sadikin. /YouTube/Sekretariat Presiden/

PRFMNEWS – Pemerintah sudah menemukan obat bagi anak pasien gagal ginjal akut progresif (Acute Kidney Injury/AKI) dan kini obat tersebut sudah ada di Indonesia.

Obat gagal ginjal akut progresif pada anak ini didapatkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dari Singapura untuk mengobati 69 pasien di Indonesia yang kini tengah dalam perawatan.

Nama produk obat gagal ginjal akut progresif pada anak adalah Fomepizole.

Baca Juga: Tidak Lagi Misterius, Menkes Sudah Temukan Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak di Indonesia

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan pihaknya mendatangkan sebanyak 200 vial obat suntik atau injeksi Fomepizole. Kini obat untuk pasien gagal ginjal akut progresif itu sudah tiba di Indonesia.

"Obatnya memang di Indonesia tidak punya. Kemarin didatangkan dari Singapura, saya baru kontak rekan saya Menteri Kesehatan Singapura dan Australia, karena yang paling dekat," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Menkes Budi melanjutkan, upaya mendatangkan 200 vial Fomepizole injeksi ini dilakukan agar segera bisa didistribusikan ke rumah sakit yang tengah merawat pasien AKI.

Baca Juga: Erick Thohir Perintahkan BUMN Farmasi dan RS Sortir Ulang Semua Jenis Obat untuk Cegah Kasus AKI

Dengan adanya obat tersebut, Budi memastikan kasus AKI pada pasien di Indonesia sudah bisa disembuhkan karena Fomepizole terbukti efektif mengatasi penyebab kerusakan ginjal pada anak.

Sebelumnya, lanjut Budi, obat tersebut sudah diuji coba kepada 10 pasien AKI yang sedang dirawat di RSCM. Reaksi Fomepizole memicu perbaikan gejala pasien, dan sebagian lainnya stabil.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x