Di Cirebon Bikin SIM dan SKCK Bisa Bayar Pakai Sampah, Kapolresta: Tanpa Antre

- 15 Agustus 2022, 22:00 WIB
Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman (kiri) bersama Bupati Cirebon Imron (kedua kiri) meninjau pelayanan Green Service di Cirebon, Jawa Barat, Senin (15/8/2022). (ANTARA/Khaerul Izan)
Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman (kiri) bersama Bupati Cirebon Imron (kedua kiri) meninjau pelayanan Green Service di Cirebon, Jawa Barat, Senin (15/8/2022). (ANTARA/Khaerul Izan) /

PRFMNEWS – Satlantas Polresta Cirebon membuka layanan pembuatan SIM dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dengan membayar menggunakan sampah plastik yang diberi nama ‘Green Service’.

Bahkan, masyarakat yang bayar menggunakan sampah plastik saat membuat SIM dan SKCK di Polresta Cirebon ini dijanjikan mendapat pelayanan prioritas tanpa perlu antre.

"Masyarakat yang memanfaatkan sampah plastik untuk pembayaran biaya SKCK dan SIM akan kami prioritaskan," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Baca Juga: Mau Urus SKCK untuk Keperluan CPNS? Ini Syarat dan Cara Membuatnya di Kantor Polisi

"Kami berikan ruangan khusus bagi masyarakat yang memanfaatkan sampah plastik dan saat membuat SIM serta SKCK juga tanpa mengantre," imbuhnya.

Layanan Green Service ini, lanjut Arif, membuat masyarakat yang akan membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) saat membuat SIM dan SKCK hanya perlu memperlihatkan buku tabungan di bank sampah.

Menurutnya, program tersebut bentuk dukungan Polresta Cirebon dalam rangka penanganan sampah plastik di daerah itu agar semakin menurun.

Baca Juga: Sosiolog Khawatirkan Adanya ‘Labeling Susah Cari Kerja' Jika Pelajar Diancam Sulit Dapat SKCK

Arif melanjutkan, masyarakat bisa memanfaatkan bank sampah yang tersebar di wilayah Kabupaten Cirebon untuk menukar dan menabung sampah plastik sehingga akan mendapatkan bukti tabungan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x