Lebih Murah dan Akurat, Ilmuwan Jawa Barat Mutakhirkan Alat Tes Corona

- 14 Mei 2020, 14:19 WIB
Rapid Test 2.0.
Rapid Test 2.0. /DEDY MULYANA/PRFM.


BANDUNG, (PRFM) – Kolaborasi para ilmuwan Jawa Barat yang  berasal dari Universitas Padjajaran (Unpad) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil memutakhirkan alat tes corona seperti Rapid Test dan polymerase chain reaction (PCR).

Seperti dikabarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dua bentuk pemutakhiran alat tes corona ini dinamakan Rapid Test 2.0 dan Surface Plasmon Resonance (SPR). 

Adapun keunggulan Rapid Test 2.0 dibandingkan Rapid Test konvensional ialah akurasinya yang mencapai 80 persen dan tidak menggunakan darah sebagai media tes.

“Jika Rapid Test 1.0 hanya mengecek apakah ada benda asing di dalam tubuh kita. Nah Rapid Test 2.0 dikembangkan untuk mendeteksi keberadaan virus (antigen). Jadi keberadaan virusnya bisa ketemu," kata Ridwan Kamil di Kampus Unpad Dipatiukur, kota Bandung, Kamis (14/5/2020).

Baca Juga: BPJS Kesehatan Akui Kenaikan Iuran untuk Atasi Defisit, Namun Dipastikan Dibarengi Perbaikan Layanan

Sementara itu keunggulan SPR yakni ukurannya alatnya yang bisa dibawa kemana-mana.

SPR lebih unggul karena tidak harus digunakan di laboratorium seperti metode PCR.

Perangkat SPR.
Perangkat SPR. DEDY MULYANA/PRFM.

“SPR cukup menggunakan laptop dan sebuah benda sebesar aki motor. Jadi bisa dilakukan tes Covid-19 di manapun, karena bentuknya mudah dibawa ke mana-mana dan akurasinya seperti PCR,” imbuh Ridwan Kamil.

Baca Juga: Sembuh dari Corona, Wander Luiz Ingin Bertemu Ronaldo

Ridwan Kamil menambahkan, harga yang dibanderol untuk dua alat tes corona termutahir ini lebih murah dibandingkan Rapid Test dan PCR konvensional.

Adapun produksi Rapid Test 2.0 dan PCR Portabel akan dimulai secara bertahap mulai Juni mendatang.

“Harga Rapid Test 2.0 lebih murah, dibanderol dengan harga maksimal Rp 120 ribu. Kalau Rapid Test versi lama, harganya bisa mencapai Rp 300 ribu. Untuk SPR harganya Rp 200 juta," tutupnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x