Turaes atau Tonggeret Banyak Terdengar, Kepala Tahura: Ini Fenomena Biasa

- 13 April 2020, 10:28 WIB
Tonggeret
Tonggeret /WIKIPEDIA

BANDUNG,(PRFM) - Dalam beberapa hari terakhir ini, baik di kota maupun kampung terdengar jelas suara tonggeret atau turaes. Biolog yang juga Kepala Tahura Djuanda Lianda Lubis menegaskan jika tonggeret dan turaes adalah makhluk yang sama dan hanya beda dipenamaan saja.

"Turaes atau tonggeret sama saja, itu cuma namanya saja, di Jawa beda lagi namanya, cuma makhluknya sama-sama saja dan ini jenis serangga," ucapnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (13/4/2020).

Baca Juga: Aturan Penutupan Sementara Berlaku Bagi Semua Mal di Kota Bandung

Lianda menjelaskan, di tengah masa pandemi corona, dan warga banyak yang beraktivitas di rumah suara tonggeret makin jelas terdengar. Dia memastikan jika sebenarnya bunyi tonggeret adalah hal biasa dan tidak ada kaitannya dengan corona.

"Ini sebenarnya fenomena yang biasa saja sih. Ini perkiraan saya saja ya, waktu kita sibuk sebelum corona kita tak memperhatikan suara itu. Jadi begitu kita di rumah diam, kemudian kita sadar banyak suara yang tidak pernah terdengar jadi terdengar," jelasnya.

Baca Juga: Wali Kota Cimahi Apresiasi Langkah Warga yang Bantu Tetangganya yang Positif COVID-19

Biasanya, sambung Lianda, banyaknya suara tonggeret ini banyak muncul di jelang musim kemarau. Selain itu waktu ini pun merupakan waktu pernikahan bagi tonggeret.

"Sekarang itu lagi fase kawin sebenarnya. Nah yang berisik-berisik itu menandakan daerah geografisnya dia," jelasnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 107.5 PR FM Radio (@prfmnews) on

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x