Bupati Garut Apresiasi Kades Hanjuang Bagikan Dana Kompensasi Seluruh Warganya

- 4 April 2020, 19:30 WIB
Bupati Garut, Rudy Gunawan saat memberikan bantuan kepada warga Desa Hanjuang, Sabtu (4/4/2020).
Bupati Garut, Rudy Gunawan saat memberikan bantuan kepada warga Desa Hanjuang, Sabtu (4/4/2020). /Dok Humas Pemkab Garut.


BANDUNG, (PRFM) - Bupati Garut Rudy Gunawan memberikan apresiasi dan pujian kepada Kepala Desa Hanjuang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Pujian itu disampaikan atas kebijakan mengeluarkan sebagian anggaran dana desa untuk kompensasi kepada warga Desa Hanjuang, khususnya warga lanjut usia (lansia), diantaranya beras 10 kg, ayam 2,5 kg, telur 2 kg, Vitamin C 1 paket, beserta uang tunai Rp 150 ribu.

"Hari ini atas nama kepala desa saya serahkan bantuan ini kepad ibu-ibu dan bapak-bapak untuk menjamin hidup ibu-ibu dan bapak-bapak. Kita doakan ibu bapak tetap sehat, dan virus Corona di Republik Indonesia segera berlalu," kata Rudy didampingi Kepala Desa Hanjuang, Asep Rahayu Efendi, di Aula Desa Hanjuang, Sabtu (4/4/2020).

Dana Desa sebesar 40 %, sebut Rudy, dipastikan segera cair dan langsung masuk kas desa Rabu depan (8/4/2020). Karena prosesnya sudah diajukan 10 hari yang lalu, mengingat proses pencairannya harus melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) berbeda dengan dahulu yang masuk melalui APBD dan cukup dengan satu tanda tangan bupati saja.

Rudy juga mengisyaratkan, akan menyalurkan kembali ADD, di mana didalam komponen ADD itu ada titipan 2 % (Rp 43 miliar) yang diperuntukkan bagi RW untuk membangun infrastrutur, dan sebagian dari itu dialokasikan untuk memperkuat ekonomi masyarakat.

“Karena dalam situasi seperti ini dirinya tidak ingin warganya ada yang kelaparan. Lapor saya kalau ada yang kelaparan, tidak boleh ada kerawanan pangan," tegas Rudy.

Meski anggaran desa belum cair namun berkat kekuatan ekonomi dan gotong royong masyarakat, Asep menginisiasi pembagian bantuan kepada seluruh lansia di Desa Hanjuang.

Bupati Garut, Rudy Gunawan saat memberikan bantuan kepada warga Desa Hanjuang, Sabtu (4/4/2020).
Bupati Garut, Rudy Gunawan saat memberikan bantuan kepada warga Desa Hanjuang, Sabtu (4/4/2020). Dok Humas Pemkab Garut.


Kompensasi dari pemerintah desa difokuskan untuk penanganan pandemi Covid-19. Dana dimaksud seluruhnya diberikan kepada 1.188 KK, bersumber dari DD, ADD, dan Swadaya dengan total anggaran 500 juta rupiah.

Dana itu, tambah kata Asep, guna mendukung pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19, apalagi terhitung hari ini (Sabtu, 4 Maret 2020), 11 RW di desanya diberlakukan karantina wilayah selama 14 hari ke depan.

"Jadi kami harus jamin warga kami biaya hidupnya, mulai dari beras, dan lauk pauknya dan uang untuk kebutuhan lainnya harus kami penuhi," ujarnya.

Asep menjelaskan, bantuan diberikan untuk keluarga miskin dengan anggota keluarga lebih dari 5 orang, dengan dua kriteria, yaitu warga jompo dan lansia, serta bagi warga miskin usia produktif. Selama 14 hari mereka diberi beras 10 kg, Ayam 5 kg, Telur 5 kg dan Vitamin c satu paket, serta uang Rp 150 ribu.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x