Ternyata Sosok Ini Menjadi Alasan Ridwan Kamil Gemar Bikin Desain Arsitektur Masjid

- 30 Januari 2022, 08:00 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Kang Emil ungkap alasannya senang mendesain arsitektur masjid.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Kang Emil ungkap alasannya senang mendesain arsitektur masjid. /Dok. Humas Pemprov Jabar

PRFMNEWS – Ridwan Kamil mengaku, alasan ia hingga kini sangat gemar membuat desain arsitektur pembangunan masjid tak luput dari pengalaman masa kecilnya dengan mendiang sang ayah.

Sebelum menjabat Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memang sudah dikenal sebagai arsitek andal. Ia mendalami ilmu arsitektur di ITB dan Universitas California, Berkeley.

Karya fisik dari hasil desain arsitektur Ridwan Kamil terkenal di Indonesia hingga mancanegara. Seperti masjid, museum, rumah, konsep tata kota masa depan, dan sebagainya.

Baca Juga: Cerita Kenakalan Ridwan Kamil Saat SD, Pernah Dikejar Satpam Balai Kota Bandung dan Sopir Angkot

Ridwan Kamil menyebut, masjid jadi salah satu karya arsitektur yang paling banyak ia buat. Ada 30 lebih desain arsitektur masjid karyanya, termasuk paling spesial Masjid Al-Jabbar Gedebage, Kota Bandung.

Alasan Ridwan Kamil sangat suka mendesain arsitektur masjid ternyata berkaitan dengan pengalaman masa kecil dan wasiat dari mendiang sang ayah, Atje Misbach Muhjiddin.

Ridwan Kamil menceritakan pengalaman dan wasiat sang ayah tersebut dalam podcast yang tayang di kanal YouTube Koran Pikiran Rakyat pada 19 Januari 2022.

Baca Juga: Dari Sekian Banyak Karya, Ridwan Kamil Sebut Masjid ini Sebagai Masterpiece Dirinya

Awalnya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menceritakan berbagai kisah hidup pribadi dirinya dari sejak kecil hingga kini sukses menjabat sebagai orang nomor satu di Jabar.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x