Bupati Bandung Barat Minta Semua Objek Wisata Ditutup Sementara

- 19 Maret 2020, 10:20 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna berbicara tentang upaya pencegahan virus corona di Kantor Bupati, Ngamprah, Rabu (18/3/2020).*
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna berbicara tentang upaya pencegahan virus corona di Kantor Bupati, Ngamprah, Rabu (18/3/2020).* /CECEP WIJAYA SARI/PR

BANDUNG, (PRFM) - Sebagai upaya untuk mempersempit penyebaran virus corona, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna meminta agar semua pengelola objek wisata menutup wisatawan setidaknya selama dua pekan ke depan mulai Kamis, 19 Mareet 2020.

Hal itu ia sampaikan saat acara Panggung Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Sangkuriang di Kantor Bupati di Ngamprah, Rabu 18 Maret 2020. 

"Saya meminta objek wisata tutup dulu mulai besok. memang ada resiko kerugian, tetapi ini langkah yang tepat sebelum kondisi membaik," ucap Bupati  dilansir dari pikiran-rakyat.com.

Baca Juga: Gara-Gara Corona, Minat Wajib Pajak di Kabupaten Bandung untuk Menikmati Program Triple Untung Berkurang

Menurut dia, penutupan akan berdampak pada pendapatan pengelola 33 obyek wisata besar di Lembang. Dia juga menginstruksikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memantau dan memastikan agar tempat-tempat wisata ditutup untuk sementara waktu.

Terkait dengan aktivitas karyawan di tempat wisata, Umbara mengakui, akan ada konsekuensinya. Namun, hal itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengelola wisata. Sebab, hak karyawan harus tetap dipenuhi.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Distan Kabupaten Bandung Lakukan Penyemprotan Disinfektan

"Tentu ini bagian dari risiko pengelola, tapi saya tahu jika selama ini mereka juga sudah dapat untung. Jadi wajar jika karyawan harus tetap digaji. Namun kami berharap semua cepat membaik dan pada liburan lebaran kunjungan kembali normal," katanya.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (KBB), saat ini sudah ada 36 orang dalam pemantauan (ODP) dan 1 orang pasien dalam pengawasan (PDP). Khusus untuk PDP, pasien dinyatakan sudah sembuh.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x