Jaswita Jabar dan Perhutani Kembangkan Kawasan Wana Wisata Ranca Upas

- 26 Februari 2020, 21:32 WIB
 PENGEMBANGAN sektor pariwisata terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Di antaranya melalui pengelolaan kawasan wana wisata Ranca Upas di Ciwidey, Kabupaten Bandung yang dilakukan PT. Jasa dan Kepariwisataan Jabar (Perseroda) Jaswita Jabar.*
PENGEMBANGAN sektor pariwisata terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Di antaranya melalui pengelolaan kawasan wana wisata Ranca Upas di Ciwidey, Kabupaten Bandung yang dilakukan PT. Jasa dan Kepariwisataan Jabar (Perseroda) Jaswita Jabar.* /JASWITA JABAR

BANDUNG,(PRFM) - Pengembangan sektor pariwisata terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Di antaranya melalui pengelolaan kawasan wana wisata Ranca Upas di Ciwidey, Kabupaten Bandung yang dilakukan PT. Jasa dan Kepariwisataan Jabar (Perseroda) Jaswita Jabar, salah satu BUMD provinsi tersebut.

Direktur Utama PT. Jaswita Jabar Deni Nurdyana Hadimin mengatakan, pihaknya sudah menandatangani kerjasama dengan Perhutani terkait peningkatan potensi pariwisata di Ranca Upas. Pengembangan ini salah satunya dilakukan terkait pemanfaatan jasa lingkungan di kawasan wisata tersebut.

"Nantinya juga di beberapa kawasan Perum Perhutani yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat," kata Deni dalam siaran pers yang diterima PRFMNEWS, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga: Pantau Langsung Banjir di Subang, Emil Batalkan Kunjungan ke Dua Negara

Dia menjelaskan, pengembangan dengan Perhutani ini telah disepakati melalui penandatanganan kerjasama dilakukan olehnya bersama Plt Direktur Utama PT Perhutani Bambang Catur Wahyudi, di Jakarta.

Nota Kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu satu tahun, terhitung sejak tanggal ditandatanganinya Nota kesepahaman ini.

"Penandatanganan kerjasama ini merupakan salah satu bentuk percepatan yang dilakukan Jaswita Jabar dalam upaya meningkatkan performa usaha perseroan di bidang pariwisata," katanya.

Baca Juga: Tragis, Siswa SD di Bandung Tenggelam di Kolam Renang

Terlebih, menurutnya kawasan Ranca Upas yang berlokasi di RPH Cimanggu, BKPH Tambak Ruyung Timur, KPH Bandung Selatan ini memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Barat.

"Kerjasama dengan Perum Perhutani untuk pengembangan kawasan wana wisata Ranca Upas inipun sesuai dengan salah satu program Pak Gubernur (Jawa Bara Ridwan Kamil)," katanya.

Melalui kesepahaman dengan BUMN ini, dia berharap mampu mewujudkan visi Emil yang menginginkan sektor pariwisata sebagai lokomotif pembangunan ekonomi. "Guna mewujudkan visi Jabar Juara Lahir Batin," katanya.

Baca Juga: Virus Corona, Pemerintah Akan Evakuasi WNI di Kapal Pesiar Diamond

Pada sisi lain, kawasan wana wisata Ranca Upas merupakan salah satu sumber daya yang dimiliki oleh Perum Perhutani, sehingga kerjasama ini bernilai strategis bagi BUMN tersebut.

Langkah ini diyakini dapat mengoptimalkan sumber daya, sehingga memberi kontribusi bagi perusahaan serta menghasilkan manfaat ekologi, sosial, dan ekonomi lebih maksimal.

Lebih lanjut Deni katakan, selain wana wisata Ranca Upas, pada 2020 ini Jaswita Jabar juga berencana membangun dan mengelola potensi pariwisata lainnta.

Beberapa di antaranya seperti hotel di kawasan BIJB Majalengka, resort dan kawasan seni budaya di Pantai Pangandaran, hotel dan café di Jl. Ambon Kota Bandung, optimalisasi aset di kawasan Jl. Braga dan Jl. Suniaraja, hotel di lahan bekas Hotel Corner Jl. Wastukencana, hingga pembangunan pusat logistik berikat di Cikampek Jawa Barat.

"Ini merupakan langkah strategis bagi kami Jaswita Jabar," katanya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: JASWITA JABAR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x