20 Warga Garut Terpapar NII, Ridwan Kamil Datangi Mereka dan Beri Pemahaman Pancasila

- 12 Desember 2021, 08:52 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan pemahaman kutepada warga terpapar NII di Garut
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan pemahaman kutepada warga terpapar NII di Garut /HUMAS JABAR


PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkesempatan memberi pemahaman Pancasila kepada 20 warga yang terpapar paham Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Garut, pada Sabtu 11 Desember 2021.

Emil sapaan akrabnya dalam penataran itu menerangkan pentingnya menghargai perbedaan dan melihat kebhinekaan sebagai rahmat bukan sebagai kebencian.

"Saya tadi jadi guru di sebuah kelas kepada 20 orang yang terpapar faham NII," kata Emil di SDN Sukamentri 3-4-5 Garut, Desa Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Baca Juga: Jalani 6 Tahun Pendidikan, 3 Siswi Asal Garut ini Diperkosa Oknum Guru Pesantren di Bandung hingga Melahirkan

Ia juga menekankan bahwa Pancasila adalah kesepakatan untuk membangun rumah Indonesia yang lestari.

Kata Emil, remaja Desa Sukamentri terpapar paham radikalisme NII karena sejumlah faktor seperti pengetahuan agama minim, pendidikan, hingga persoalan ekonomi.

Ia mengingatkan mereka bahwa paham NII nyata adanya dan berbahaya bila banyak remaja yang terpapar.

Baca Juga: Dengar Kabar Oded Meninggal, dr Zaidul Akbar: Indahnya Wafat Beliau

"Itu nyata, oleh karena itu saya turun langsung jadi guru untuk mengembalikan mereka ke dalam paham ideologi pancasila yang kuat," tuturnya.

Menurutnya, ideologi pancasila apabila diganggu oleh perang pemikiran sayap kiri, khilafah, komunis maupun paham menyimpang lainnya harus dilawan dengan pemberian pemahaman pancasila mendalam secara bertahap. Terlebih pemahaman ideologi pancasila ini diberikan kepada remaja.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x