Ada Deklarasi Pembentukan Provinsi Cirebon Raya, Abdy Yuhana: Hanya Aspirasi, Belum jadi Kebutuhan

- 11 Oktober 2021, 19:41 WIB
Abdy Yuhana Anggota DPRD Jabar Dari Fraksi PDIP
Abdy Yuhana Anggota DPRD Jabar Dari Fraksi PDIP /Arief Pratama/Cirebon Raya


PRFMNEWS - Sejumlah tokoh masyarakat dan akademisi sepakat untuk mendeklarasikan dan memperjuangkan pembentukan Provinsi Cirebon Raya, sehingga berpisah dari Jawa Barat.

Mereka yang mendeklarasikan itu tergabung dalam Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon Raya (KP3C). Mereka menginginkan wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan menjadi provinsi baru Cirebon Raya.

Menanggapinya, Anggota Komisi III DPRD Jawa Barat, Abdy Yuhana mengatakan, ini hanya bentuk aspirasi masyarakat sehingga sah-sah saja disampaikan.

Baca Juga: DPRD Beberkan Tiga Wilayah di Jawa Barat yang Siap Dimekarkan, Salah Satunya Garut Selatan

Namun ia menilai, pembentukan provinsi baru Cirebon Raya belum menjadi urgensi saat ini karena persiapan dari berbagai sisi pun belum disiapkan.

"Saya melihat pembentukan Provinsi Cirebon (raya) belum menjadi satu kebutuhan untuk masyarakat," ujar Abdy saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Senin 11 Oktober 2021.

Sebenarnya ia tidak kaget mendengar deklarasi ini, karena gema-gema Cirebon Raya menjadi provinsi sudah digaungkan sejak 2010 bahkan 2003 silam. Namun saat itu tidak ada respons serius dari pemerintah setempat.

Baca Juga: DPRD Jabar Dorong Pembentukan DOB Indramayu Barat dan Bogor Timur

Sedangkan berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 dan perubahannya UU Nomor 9 Tahun 2015, usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) harus disampaikan oleh DPRD dan kepala daerah setempat.

"Nampaknya ini hanya bagian dari aspirasi masyarakat saja yang tentunya secara administrasi persiapannya belum dilakukan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah