DPRD Beberkan Tiga Wilayah di Jawa Barat yang Siap Dimekarkan, Salah Satunya Garut Selatan

- 15 Oktober 2020, 21:25 WIB
Dermaga Sungai Cilautereun yang biasa dipakai nelayan menyandarkan perahu tampak sepi pascabanjir bandang, Senin, 12 Oktober 2020. Nelayan memilih memarkirkan perahu di bibir Pantai Santolo karena khawatir banjir susulan.
Dermaga Sungai Cilautereun yang biasa dipakai nelayan menyandarkan perahu tampak sepi pascabanjir bandang, Senin, 12 Oktober 2020. Nelayan memilih memarkirkan perahu di bibir Pantai Santolo karena khawatir banjir susulan. /Fariz Akbar/Jurnal Garut.

PRFMNEWS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengatakan ada tiga daerah di Jawa Barat yang siap untuk dimekarkan. Ketiga wilayah tersebut di antarnya Garut Selatan, Sukabumi Utara, dan Bogor Barat.

Pemekaran tersebut guna mempercepat pembangunan infrastruktur dan memberikan fasilitas maksimal bagi warga setempat.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Sadar Muslihat menyebut, sedianya tiga wilayah tersebut bisa menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) bersamaan dengan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Pangandaran. Namun, karena terbentur moratorium pemerintah pusat, maka tiga wilayah itu urung mekar.

Baca Juga: ShopeePay Day Digelar 15 Oktober Hadirkan Solusi Belanja Hemat Sambut Shopee 11.11 Big Sale

“Sementara yang diajukan dalam nota pengantar gubernur itu adalah tiga calon daerah persiapan otonomi baru, yaitu Bogor Barat, Garut Selatan, dan Sukabumi Utara. Ini sudah masuk amanat presiden, artinya proses ini sudah sangat lama terbentur karena adanya moratorium untuk pembentukan DOB dari pemerintah pusat,” jelas Sadar saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Kamis 15 Oktober 2020.

Sadar menilai, pemekaran di Bogor Barat, Sukabumi Utara, dan Garut Selatan adalah sebuah keniscayaan. Hal itu dilandasi padatnya jumlah penduduk dan jauhnya akses bagi warga dalam mengurus persyaratan administratif.

“Ini menjadi kebutuhan untuk pemekaran, Bogor Barat dengan padatnya jumlah penduduk luasan geografisnya juga jumlah kecamatan yang ada. Demikian juga Kabupaten Sukabumi menjadi Sukabumi utara menjadi sangat kelihatannya sudah semua syaratnya terpenuhi, Garut Selatan juga,” ungkapnya.

Baca Juga: Kembali Bertambah, Total Positif Corona di Kabupaten Bandung Mencapai 919 Kasus

Untuk memastikan kelaikan tiga daerah tersebut menjadi DOB di Jabar, Sadar mengaku pihaknya telah berdiskusi dengan sejumlah pakar dan peneliti. Tak hanya itu, kepala daerah di kabupaten induk di setiap wilayah sudah diajak berbincang. Sehingga diharapkan keputusan yang diambil sudah tepat.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x