Untuk Tingkatkan Pembangunan di Jabar, Ridwan Kamil Harap Ada Pemekaran Wilayah di Jabar

- 15 Oktober 2020, 08:12 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjadi narasumber webinar Universitas Paramadina
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjadi narasumber webinar Universitas Paramadina /Pipin/Humas Jabar

PRFMNEWS - Saat ini Jawa Barat menjadi salah satu provinsi terpadat di Indonesia. Hingga 2019 tercatat populasi penduduk Jawa Barat hampir mencapai 50 juta jiwa yang tersebar di 27 Kabupaten/kota.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dengan jumlah penduduk yang banyak, tapi jumlah daerah yang tidak terlalu banyak, maka pemekaran wilayah menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan pembangunan daerah di Jabar.

"Jadi ada hal-hal yang sedang kami perjuangkan dari sisi pelayanan publik dan ekonomi secara politik yaitu pemekaran wilayah. Jadi kami berharap Jabar idealnya memiliki lebih dari 40 daerah (kabupaten/kota)," kata Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil- saat menjadi narasumber web seminar (webinar) Universitas Paramadina "The Implementation of Regional Economy in West Java" Rabu 14 Oktober 2020.

Baca Juga: Kereta Api Cibatu-Garut Direncanakan Mulai Beroperasi Awal 2021

Menurut Kang Emil, populasi menjadi sumber dari dinamika dan masalah pembangunan di provinsi dengan populasi hampir 50 juta jiwa per tahun 2019.

Pasalnya, penduduk akan berebut sumber daya, tata ruang, sekolah berkualitas, fasilitas kesehatan, hingga transportasi. Untuk itu, pengendalian populasi menjadi salah satu solusi dinamika pembangunan di Jabar.

"Tugas kami sebagai pemerintah adalah menyiapkan keseimbangan antara perebutan sumber daya tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Jawa Barat Pernah Bernama Provinsi Sunda Pada Tahun 1926

Selain populasi yang menjadi sumber dinamika pembangunan, Kang Emil juga mengatakan bahwa secara ekonomi dalam pemerintahan terdapat ketidakadilan fiskal terhadap Jabar dari pemerintah pusat. Hal ini berpengaruh terhadap pelayanan publik dan penggerakan ekonomi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x