Kereta Api Cibatu-Garut Direncanakan Mulai Beroperasi Awal 2021

- 15 Oktober 2020, 07:43 WIB
Ribuan warga dan pelajar menyambut kedatangan Kereta Api Inpeksi 4 pada uji coba perlintasan jalur Cibatu-Garut di Stasiun Garut, Kampung Mawar, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Rabu, 19 Februari 2020.
Ribuan warga dan pelajar menyambut kedatangan Kereta Api Inpeksi 4 pada uji coba perlintasan jalur Cibatu-Garut di Stasiun Garut, Kampung Mawar, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Rabu, 19 Februari 2020. /ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/hp.


PRFMNEWS - Reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Stasiun Garut direncanakan mulai beroperasi secara komersial melayani masyarakat awal 2021.

Sebelumnya direncanakan rute kereta api Cibatu-Garut ini akan dioperasikan pada 2020, namun tertunda karena pandemi Covid-19.

"Awalnya bisa diaktifkan 2020, akhirnya mundur, awal tahun (2021) insya Allah pelayanan reaktivasi bisa selesai," kata Wakil Kepala Daop 2 Bandung, Soegito saat acara monitoring dan evaluasi reaktivitas dan revitalisasi Stasiun Kereta Api di Markas Kodim 0611 Garut, Selasa, 13 Oktober 2020, dilansir prfmnews.id dari ANTARA.

Menurutnya pada tahap awal kereta api komersial yang akan dioperasikan yakni kelas ekonomi jurusan Stasiun Garut-Purwakarta. Kemudian akan direncanakan kereta api jurusan Stasiun Garut-Pasar Senen, Jakarta.

Baca Juga: ShopeePay Day Digelar 15 Oktober Hadirkan Solusi Belanja Hemat Sambut Shopee 11.11 Big Sale

"Target awal mengoperasikan kereta ekonomi, dari Garut ke Purwakarta, dari Garut ke Pasar Senen," tambahnya.

Dia menyampaikan, sebelumnya jalur kereta api Stasiun Cibatu-Garut sudah lama tidak beroperasi, kemudian pemerintah pusat dan PT KAI mengaktifkan kembali transportasi massal itu untuk menunjang kegiatan masyarakat.

"Jadi salah satu tujuan ada kereta api bisa transportasi angkutan ke kota, karena sekarang dari tahun ke tahun transportasi darat terjadi kepadatan," jelas dia.

Baca Juga: Atalia Kamil: Perempuan Harus Bisa Menangkap Peluang Ekonomi

Lebih lanjut Soegito pun berharap, jalur kereta api di Garut itu secepatnya bisa beroperasi agar masyarakat Garut semakin mudah untuk pergi ke luar kota maupun sebaliknya, dan juga bisa menumbuhkan perekonomian Garut.

Halaman:

Editor: Rifki

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x