Tak Salahkan Hujan, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Duga Banjir di Puncak Disebabkan Alih Fungsi Lahan

- 21 Januari 2021, 08:29 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau korban banjir bandang Gunung Mas Puncak, di Kampung Gunung Mas Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, Rabu 20 Januari 2021.
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau korban banjir bandang Gunung Mas Puncak, di Kampung Gunung Mas Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, Rabu 20 Januari 2021. /Humas Jabar

PRFMNEWS - Banjir bandang terjadi di Gunung Mas, Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Terkait banjir ini Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengaku belum mendapat jawaban dari Bupati Bogor terkait penyebab banjir bandang itu.

Namun demikian, dia menduga jika banjir ini terjadi karena adanya alih fungsi lahan.

"Penyebab banjir bandang di situ kalau ibu bupati belum bisa menjawab kepastiannya. Tapi kalau menurut desas-desus di lapangan, bertemu dengan beberapa orang penyebabnya sama, katanya ada gerakan-gerakan (alih fungsi lahan) di atas," kata Uu saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel hari ini, Kamis 21 Januari 2021.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Kota Bandung Masih Tinggi, Oded Minta Hal Ini Kepada Masyarakat

Menurut Uu, akibat dari alih fungsi lahan ini maka tak heran jika saat ada hujan deras air bisa dengan cepat turun. Pasalnya tak ada lagi resapan air di atas.

"Mungkin tempat-tempat air yang biasa dia berdiam saat turun hujan semuanya sudah ditempati oleh bangunan sehingga mengalir ke mana saja," sebutnya.

Uu menyampaikan, saat dirinya mendatangi lokasi banjir bandang di Gunung Mas kemarin, aliran air masih cukup deras.

Baca Juga: Sempat Tergeser, MU Akhirnya Kembali ke Puncak Klasemen Liga Inggris Usai Kalahkan Fulham

Saat melihat aliran air, Uu melihat bongkahan kayu besar dan batu ikut terbawa hanyut aliran air.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x