Kronologis Banjir Bandang Gunung Mas Puncak: Diawali Longsor 2 Bulan Lalu di Kaki Pangrango

- 19 Januari 2021, 19:46 WIB
Banjir bandang di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Selasa, 19 Januari 2021
Banjir bandang di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Selasa, 19 Januari 2021 /TRC BPBD Kabupaten Bogor


PRFMNEWS - Banjir bandang menerjang kawasan Gunung Mas Puncak Bogor, Selasa 19 Januari 2021 pagi. Hingga malam ini data korban dan rumah terdampak masih terus didata karena belum semua teridentifikasi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Dani Ramdan memaparkan kronologis terjadinya banjir bandang di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor itu.

Dani mengatakan, banjir bandang berawal dari longsor kecil di aliran anak Sungai Ciliwung yang terjadi pada dua bulan lalu di daerah hulu, yakni kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangarango (TNGGP).

Baca Juga: Sore Ini, Gempa Bumi Terjadi di Kabupaten Pangandaran

Baca Juga: Pertemuan Calon Tunggal Kapolri Listyo dengan AHY Dikritik Keras, LIMA: Tidak Etis

Longsor itu menyebabkan retakan, lalu terjadi hujan lebat sejak semalam dan membentuk bendungan yang terbentuk karena material longsor.

Kemudian bendungan itu jebol akibat tidak kuat menahan derasnya arus sungai. Setelah itu aliran air terjun ke hilir dan terjadi lah banjir bandang yang menerjang Gunung Mas Puncak.

"Terjadi banjir bandang yang membawa material batu, lumpur, dan beberapa batang pohon yang tersapu air banjir bandang," ujar Dani saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 19 Januari 2021.

Baca Juga: Pemkot Bandung Segera Bangun JPO Laswi, Proyek Usulan Warga

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x