Hari Nusantara Diperingati 13 Desember, DKP Ingatkan Masyarakat Jawa Barat Perlu Bangga

- 13 Desember 2020, 13:35 WIB
Ilustrasi Maritim
Ilustrasi Maritim /https://www.ui.ac.id

PRFMNEWS – Hari Nusantara se-Indonesia diperingati tanggal 13 Desember setiap tahunnya. Awalnya, pada 13 Desember 1957, Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan RI, Djoeanda Kartawidjaja yang mendeklarasikan terkait batas laut Indonesia, yang kemudian disebut Deklarasi Djuanda.

Untuk itu, Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Jawa Barat pun menyebut masyarakat Jawa Barat harus bangga di tengah peringatan Hari Nusantara ini. Pasalnya, Djoeanda Kartawidjaja putra asli Jawa Barat yang lahir di Tasikmalaya pada 14 Januari 1911.

Ia pun pernah menjadi anggota Paguyuban Pasundan dan Muhammadiyah serta turut dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Hal itu yang dikatakan Plt. Kepala DKP Jabar, Dede Sunendar alasan kenapa warga Jabar patut bangga dengan adanya Hari Nusantara ini.

Baca Juga: Gara-Gara Timbulkan Kerumunan, Kontes Burung Berkicau di Rancaekek Dibubarkan Petugas

“Kita bersyukur bahwa Hari Nusantara itu tidak lepas dari sejarah kaitannya dengan orang Jawa Barat, orang Sunda. Karena itu dasarnya dalah deklarasi Djuanda, jadi pak Djuanda itu Perdana Menteri kita salah satu kebanggaan orang Jawa Barat,” jelasnya saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Minggu 13 Desember 2020.

Sebagai provinsi yang memiliki wilayah maritim yang cukup luas, Jawa Barat disebut Dede punya potensi perikanan dan kelautan yang besar.

Sebagaimana diketahui, Jawa Barat ini memiliki dua wilayah laut yaitu di Pantura atau yang disebut wilayah pengelolaan perikanan (WPP) 712 di laut Jawa dan WPP 513 di wilayah selatan Jawa Barat.

Baca Juga: Link Live Streaming Sinetron Ikatan Cinta, Tayang Malam Ini Pukul 19.30 WIB di RCTI

“Sehingga dua wilayah ini berpotensi bagi kita untuk dimanfaatkan,” kata dia.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x