Sehat Mana, Tidur dengan Lampu Menyala atau Mati?

- 25 Juni 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi Tidur
Ilustrasi Tidur /pixabay

PRFMNEWS - Ada beberapa orang yang lebih nyaman tidur dengan kondisi lampu menyala dan ada juga yang nyaman dengan mematikan lampu. Namun sebenarnya mana yang lebih sehat?.

Sebuah riset menunjukkan, tertidur dengan terlalu banyak cahaya bisa mengganggu tidur yang sehat, bahkan meningkatkan risiko gangguan tidur dan masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, obesitas, atau hipertensi. Mematikan lampu sebelum tidur ternyata lebih penting dari yang kamu duga. Bahkan cahaya redup pun dapat mengganggu tidur.

Ritme dasar tubuh, termasuk siklus bangun dan tidur terikat dengan paparan cahaya. Menurut Christopher Drake, PhD, ahli tidur dari Henry Ford Hospital, tubuh memproduksi hormon melatonin soporifik (pemicu rasa kantuk sebagai persiapan tidur).

"Cahaya sebenarnya menekan melatonin. Cahaya terang saat tengah malam dapat mendorong siklus bangun dan tidur mundur kira-kira setengah jam, membuatmu terjaga lebih lama di malam berikutnya. Sementara cahaya terang di awal pagi hari saat bangun tidur, mempercepat siklus, membuat rasa kantuk cepat datang. Jika ini terjadi pada seseorang yang kerap terpapar cahaya dan kebiasaan tidurnya buruk, bisa mengganggu siklus dan menyebabkan kesehatan yang memburuk," jelasnya.

Baca Juga: Bosen Tidur di Hotel? Yuk Coba Sensasi Glamping di Bandung, ini Rekomendasinya

Manfaat tidur dalam kondisi gelap

Berikut ini adalah manfaat jika kamu tidur dengan lampu yang padam.

1. Meningkatkan Kesehatan

Ini mungkin mengejutkan banyak orang, tetapi itu benar. Tidur dalam kegelapan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Beberapa penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa tidur dalam cahaya dapat meningkatkan berat badan hingga 50%.

Menurut para ahli, cahaya dapat mengubah proses metabolisme tubuh dengan memperlambatnya. Artinya, tubuh tidak akan mampu mengubah lemak menjadi energi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah