10 Daftar Mata Uang Terlemah di Dunia, Rupiah Indonesia Urutan Berapa?

Tayang: 25 Juni 2024, 13:00 WIB
Penulis: Ema Rachmawati
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Petugas menyusun uang pecahan dolar AS dan rupiah di gerai penukaran mata uang asing VIP (Valuta Inti Prima) Money Changer, Jakarta, Jumat 1 Maret 2024.
Petugas menyusun uang pecahan dolar AS dan rupiah di gerai penukaran mata uang asing VIP (Valuta Inti Prima) Money Changer, Jakarta, Jumat 1 Maret 2024. /ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa/

PRFMNEWS - Ekonomi menjadi sektor yang terdampak akibat pandemi COVID-19. Hal ini terlihat dari nilai tukar mata uang di sejumlah negara yang anjlok, bahkan mata uang masuk ke dalam daftar mata uang terendah di dunia.

Seperti diketahui, mata uang negara-negara di dunia memiliki nilai yang berbeda-beda. Misalnya, dolar AS (USD) menjadi pusat seluruh mata uang di dunia karena menjadi mata uang yang paling banyak digunakan untuk perdagangan global.

Oleh sebab itu, dolar AS sering digunakan sebagai standar perbandingan mata uang. Meski begitu, dolar AS sebenarnya bukan yang terkuat di dunia. Faktanya, Dinar Kuwait (KWD) masih menjadi yang terkuat di dunia.

Salah satu mata uang terendah di dunia adalah Rupiah, karena rupiah tercatat sebagai salah satu mata uang dengan nilai tukar terendah terhadap dolar AS. Hal ini menunjukkan rendahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang internasional.

Baca Juga: Lebih dari 1.000 Jamaah Haji Meninggal di Arab Saudi Karena Suhu Panas Ekstrem

Faktor-faktor lain seperti stabilitas ekonomi, risiko politik, dan inflasi mempengaruhi nilai mata uang.

Mengutip dari forbes.com, berikut ini adalah daftar 10 mata uang terendah di dunia tahun 2024, menurut laporan dari Forbes:

1. Pound Lebanon (LBP)

Pound Lebanon saat ini, dengan selisih tertentu, merupakan mata uang terlemah di dunia jika diukur terhadap dolar AS. Satu pound Lebanon setara dengan $0,000011. Dengan kata lain, ini berarti $1 bernilai 89,578 pound Lebanon.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub