Kapten Philip yang Sudah Dibebaskan Resmi Diserahkan Kepada Pemerintah Selandia Baru

Penulis: Rifki Abdul Fahmi
Editor: Tim PRFM News
Pilot Susi Air Bebas dari Sandera OPM, Kapten Phillip Mark Mehrterns Langsung Video Call Istri dan Keluarga
Pilot Susi Air Bebas dari Sandera OPM, Kapten Phillip Mark Mehrterns Langsung Video Call Istri dan Keluarga /Video @ahriesonta/Twitter.com

PRFMNEWS - Pilot Susi Air asal Selandia Baru Philip Mark Mehrtens yang sempat disandera selama 20 bulan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka atau TPNPB-OPM.

Namun pada akhirnya, Pilot Kapten Philip itu dibebaskan pada Sabtu, 21 September 2024 kemarin dan diserahkan kepada Satgas Damai Cartenz.

Setelah dibebaskan, Kapten Philip langsung diterbangkan ke Jakarta dengan menggunakan pesawat milik TNI AU.

Baca Juga: Pilot Susi Air Kapten Philip Mahrtens Berhasil Dibebaskan dari KKB dan Mendekam Selama 1,5 Tahun

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Hadi Tjahjanto (@hadi.tjahjanto)

Setibanya di Jakarta, Pemerintah Indonesia secara resmi menyerahkan Kapten Philip kepada Pemerintah Selandia Baru di Bandara Halim Perdanakusumam Jakarta pada Sabtu malam lalu.

“Atas nama Pemerintah Indonesia, saya menyerahkan Sdr. Philip Mehrtens kepada Pemerintah Selandia Baru yang dalam hal ini diwakili oleh Duta Besar Selandia Baru untuk Jakarta, Yang Mulia Bapak Kevin Burnett, dan kepada Sdr. Philip, saya sampaikan selamat berkumpul lagi dengan keluarga,” ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto.

Hadi menyampaikan, pembebasan Kapten Philip Mehrtens merupakan hasil negosiasi panjang yang mengedepankan pendekatan soft approach dan prinsip-prinsip kemanusiaan.

Baca Juga: Posisi Terkini Pilot Susi Air Kapten Philip Setelah Dibebaskan dari KKB

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub