Sering Begadang? ini 5 Vitamin Terbaik untuk Mengatasi Kurang Tidur

- 6 September 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi begadang
Ilustrasi begadang /Pexels.com / cottonbro studio/

PRFMNEWS - Terkadang kekurangan vitamin bisa menjadi penyebab utama gangguan tidur. Selain itu, kurang tidur dapat menimbulkan dampak kesehatan yang serius.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan bahwa tidur kurang dari tujuh jam per malam secara teratur akan melipatgandakan risiko kematian.

Bukan hanya gaya hidup, seorang dokter penyakit dalam Arielle Levitan, MD, serta penulis The Vitamin Solution: Two Doctors Clear the Confusion About Vitamins and Your Health menuturkan, faktor yang sering diabaikan dalam masalah tidur adalah kekurangan vitamin.

Baca Juga: Sering Begadang dan Merokok Wajib Tahu, PMI Ungkap Syarat Donor Darah yang Sering Terabaikan

"Kita membutuhkan tingkat nutrisi penting yang cukup untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan berkelanjutan," Arielle, dikutip prfmnews.id dari The Healthy.

Berikut merupakan 5 vitamin yang dapat membantu untuk mendapatkan waktu tidur atau istirahat.

  1. Vitamin C
    Vitamin C sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh. Namun orang yang memiliki kadar vitamin C dalam darah rendah itu lebih banyak memiliki masalah tidur dan rentan terbangun di malam hari.

    Sehingga, buah jeruk yang memiliki kandungan vitamin C tinggi dapat dikonsumsi untuk membantu hal itu.

  2. Magnesium
    Mineral penting ini membantu tubuh Anda memproduksi hormon tidur melatonin. Magnesium juga meredakan ketegangan otot yang dapat mencegah tidur nyenyak, bahkan dapat membantu meredakan ketegangan dengan mendorong produksi asam amino yang dikenal sebagai GABA, yang melemaskan sistem saraf.

    Baca Juga: Jangan Sembarang Minum! Perhatikan Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin, Agar Hasilnya Lebih Maksimal

    Sehingga makanan dengan kandungan magnesium lebih tinggi, seperti sayuran berdaun hijau, biji wijen labu, dan kacang Brazil ini dapat membantu gangguan tidur.
  3. Vitamin B12
    Vitamin B12 menjaga kesehatan saraf dan sel darah tubuh serta membantu tubuh menghasilkan energi. Levitan menemui banyak pasien terutama vegan, vegetarian, dan orang lanjut usia—yang kekurangan vitamin B12. Kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan kelelahan, gangguan tidur, mati rasa dan kesemutan, serta gejala lainnya.

  4. Kalsium
    Sebuah studi dalam The Journal of Sleep Research menemukan kekurangan kalsium dapat mengganggu siklus mimpi tidur yang dikenal dengan rapid eye Movement (REM).

    Ketika para peneliti menaikkan kadar kalsium menjadi normal, para relawan mendapatkan kembali tidur REM normal.

    Anda bisa mendapatkan mineral dari produk susu atau Anda juga bisa makan lebih banyak makanan seperti kangkung, sawi, sawi, sarden, dan biji wijen untuk meningkatkan asupan kalsium.

  5. Omega 3
    Omega 3 merupakan lemak sehat yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung dan otak. Beberapa penelitian juga mengaitkan suplementasi omega-3 dengan tidur yang lebih baik.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x