Jemaah Haji Gelombang Dua Indonesia Mulai Dipulangkan Malam Hari Ini

- 29 Juli 2022, 17:10 WIB
Jemaah Haji Gelombang Dua Indonesia Mulai Dipulangkan Malam Hari Ini Jumat, 29 Juli 2022.
Jemaah Haji Gelombang Dua Indonesia Mulai Dipulangkan Malam Hari Ini Jumat, 29 Juli 2022. /MCH 2022



PRFMNEWS - Jemaah haji gelombang kedua mulai dipulangkan malam ini dari Madinah. Ada lima kloter yang akan terbang dari Bandara Amir Mohamad bin Abdul Aziz, Madinah mulai Jumat 29 Juli 2022 malam sampai Sabtu 30 Juli 2022 dini hari waktu setempat.

Lima kloter perdana yang meninggalkan Madinah adalah kloter Jakarta (JKG) 24 sebanyak 389 orang, Medan (MES) 8 sebanyak 389 orang, Aceh (BTJ) 5 sebanyak 387 orang, Solo (SOC) 22 sebanyak 356 orang, dan Makassar (UPG) 3 sebanyak 389 orang.

Kloter JKG 24 menjadi kloter pertama yang pulang kentanah air. Mereka akan berangkat ke bandara sekira pukul 22.30 waktu setempat dan take off menggunakan pesawat Garuda (GA) 7421 pada pukul 4.30 waktu setempat.

"Perasaannya bahagia karena akan pulang, sekaligus juga sedih karena akan meninggalkan tanah suci. Mudah mudahan suatu hari nanti bisa kembali lagi ke sini," ujar salah seorang jemaah Ati Yanwar, di Hotel Diyar Al Nakheel, Jumat pagi.

Baca Juga: Mardani Maming Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Oleh KPK Atas Kasus Suap Izin Usaha Tambang

Seluruh barang jemaah sudah ditimbang di hotel masing-masing. Koper jemaah ditimbang lebih dahulu.

Untuk koper bagasi, maksimal berat yang diperbolehkan adalah 32 kg, kecuali debarkasi Surabaya seberat 28 kg. Jemaah juga diperbolehkan membawa satu tas tentengan untuk bisa dibawa ke kabin pesawat dengan berat 7 kg.

Setelah ditimbang, koper jemaah kemudian akan dibawa ke gudang Airgate. Di sana koper akan diperiksa dengan X-Ray. Jika nantinya ada barang yang dilarang masuk bagasi, maka akan langsung dikeluarkan oleh petugas.

"Kami sudah mendapatkan sosialisasi apa saja yang tidak boleh masuk bagasi termasuk air zamzam. Kami mendukung itu karena untuk kebaikan bersama juga," ujar Ati.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedatangan dan Kepulangan (Yanpul) Daker Madinah, Cecep Nursyamsi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seksi terkait untuk kepulangan jemaah ini.

Baca Juga: LENGKAP! Cara Beli Tiket Konser The Script di Bandung: Link, Harga, Tanggal Penjualan, dan Syarat Nonton

Jemaah Haji Gelombang Dua Indonesia Mulai Dipulangkan Malam Hari Ini Jumat, 29 Juli 2022.
Jemaah Haji Gelombang Dua Indonesia Mulai Dipulangkan Malam Hari Ini Jumat, 29 Juli 2022. MCH 2022

Pertama, dengan seksi bimbingan ibadah terkait dengan arbain jemaah. Selanjutnya dengan seksi transportasi untuk pengantaran jemaah ke bandara dan seksi akomodasi untuk menentukan batas waktu keluar jemaah dari hotelnya.

Pihak Yanpul juga terus melakukan sosialisasi kepada ketua kloter dan ketua rombongan terkait aturan kepulangan ini. Salah satunya adalah mengenai barang bawaan jemaah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x