Alasan dan Kronologi 2 Kapal Tanker Pertamina Dicegat Aktivis Greenpeace saat Bawa Minyak Rusia ke Denmark

- 5 April 2022, 14:30 WIB
Kapal Pertamina Prime Dihentikan di Laut Denmark, Instagram Greenpeace Diserang Netizen Indonesia
Kapal Pertamina Prime Dihentikan di Laut Denmark, Instagram Greenpeace Diserang Netizen Indonesia /dok Greenpeace

PRFMNEWS – Dua kapal tanker pengangkut minyak mentah milik PT Pertamina International Shipping (anak perusahaan PT Pertamina Persero) dicegat atau diblokade 11 aktivis Greenpeace Denmark. Kapal tersebut bernama Pertamina Prime dan Seaoath.

Kronologi dan alasan penyebab dua kapal tanker milik Pertamina tersebut dicegat belasan aktivis Greenpeace Denmark ramai diberitakan media asing termasuk France24 dan Reuters.

Mengutip media asing tersebut, kronologi bermula saat kapal tanker Seaoath telah tiba dari Rusia membawa 100 ribu ton minyak mentah Pegunungan Ural, dan berusaha untuk mentransfer minyak itu ke kapal tanker Pertamina Prime yang berukuran lebih besar.

Baca Juga: Kapal Tanker Pertamina Dicoreti dan Dihadang Aktivis Greenpeace Karena Membawa Minyak dari Rusia

Kedua kapal tanker dijadwalkan bertemu dan melakukan transfer minyak milik Rusia tersebut di perairan es Frederikshavn (lepas pantai Denmark) pada Kamis pekan lalu (31 Maret 2022).

Saat akan mentransfer minyak itulah, 11 aktivis Greenpeace terlebih dahulu mencegat kapal tanker Pertamina Prime. Mereka berenang menggunakan kayak dan memblokir upaya pengiriman ratusan ton minyak Rusia ke Denmark.

Alasan Greenpeace mengorganisir aksi pencegatan tersebut sebagai tindakan menyerukan larangan impor bahan bakar fosil dari Rusia ke Denmark, menyusul serangan militer yang dilakukan negara pimpinan Putin itu ke Ukraina.

Baca Juga: Jadwal Siara Bola Rabu Dini Hari, Bisa Temani Waktu Sahur Anda

"Pada pukul 11:00 (waktu setempat) para aktivis mulai memblokade supertanker Pertamina Prime, mencegah kapal lain Seaoath mendekatinya dan memblokir pengiriman minyak," kata Juru Bicara Greenpeace Emma Oehlenschlager.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x