Brunei Darussalam jadi Target Pemerintah Indonesia untuk Kerjasama Antarpelabuhan

- 5 Agustus 2021, 20:31 WIB
Brunei Darussalam menjadi negara terkaya nomor 5 di dunia versi majalah Forbes dan Memiliki istana terbesar di dunia.
Brunei Darussalam menjadi negara terkaya nomor 5 di dunia versi majalah Forbes dan Memiliki istana terbesar di dunia. /Tangkapan layar YouTube Data Fakta

PRFMNEWS - Brunei Darussalam menjadi negara tetangga yang masuk dalam target Pemerintah Indonesia untuk membanguna kerjasama antarpelabuhan.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, bahkan telah bergerak untuk menawarkan peralatan pelabuhan kepada negara berjuluk Negeri Petro Dollar tersebut.

Seperti dilansir prfmnews.id dari ANTARA, Wakil Kepala Perwakilan RI di Bandar Seri Begawan, Irwan Iding mengatakan, produk perlengkapan pelabuhan seperti bollard, buoy dan fender buatan Indonesia berkualitas baik dan tersertifikasi internasional telah ditawarkan kepada Pemerintah Brunei Darussalam.

Baca Juga: Oded Harap Pemerintah Pusat Lebih Peka Terhadap Kondisi Warga

Produk-produk tersebut ditawarkan sebagai awal mula penjajakan kerjasama antarpelabuhan Indonesia dengan Brunei Darussalam.

"Kami menawarkan kepada Muara Port Company untuk dapat memanfaatkannya sejalan dengan rencana perbaikan dan peningkatan kapasitas pelabuhan Muara," ujar Irwan.

Pernyataan tersebut disampaikan Irwan dalam pertemuan dengan CEO Muara Port Company (MPC) Zeng Caili pada Rabu 4 Agustus 2021.

MPC dibentuk sejak 2017 sebagai perusahaan patungan antara Darussalam Asset (milik Pemerintah Brunei Darussalam) dengan Beibu Gulf Holding (Hong Kong).

Baca Juga: Naik Pesawat Antar Daerah PPKM Level 4 dan Level 3 Wajib Tunjukan Sertifikat Vaksin

Pihak MPC telah mengambil alih keseluruhan manajemen dan kegiatan operasional Pelabuhan Muara baik untuk penanganan kapal penumpang maupun barang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x