Ini Penyebab Anak-anak Kerap Mimisan saat Terpapar Panas Matahari

- 3 Juni 2020, 17:30 WIB
Ilustrasi anak-anak saat terpapar sinar matahari /Dok PEXELS.


BANDUNG, (PRFM) – Anak-anak kerap kali mengalami sakit kepala yang disertai hidung berdarah atau mimisan saat terpapar panas sinar matahari pada siang hari.

Menurut dokter spesialis saraf di Eka Hospital Cibubur Yonathan Andrian, kasus mimisan saat terpapar matahari paling banyak terjadi pada anak-anak. Hal tesebut dikarenakan pembuluh darah pada anak-anak masih rapuh ketimbang orang dewasa.

"Sakit kepala (lalu) mimisan kebanyakan terjadi pada anak-anak. Mungkin karena terlalu sering di luar, kepanasan. Pembuluh darah anak masih rapuh, sakit kepala karena kepanasan, pembuluh darah pecah. Mesti pemeriksaan lebih lanjut," kata Yonathan seperti dikutip ANTARA, Rabu (3/6/2020).

Baca Juga: Polrestabes Bandung Buka Kembali Layanan SIM Keliling

Baca Juga: Update Penanganan Kasus Covid-19 di Indonesia, 3 Juni 2020

Ia melanjutkan, pembuluh darah di kepala, khususnya anak-anak, cukup sensitif. Sehingga, pembuluh darah di kepala kerap membesar saat merespon sinar matahari. Kondisi ini sesekali bisa membuat seseorang sakit kepala. 

"Sakit karena pembuluh darah di kepala membesar, (ini) respon normal bisa karena matahari, sesekali bikin sakit kepala. Ini tanda terlalu capek," tutur Yonathan.

Jika mengalaminya, dokter menyarankan pasien beristirahat, mencari tempat teduh lalu melanjutkan kegiatan. Tak ada salahnya memeriksakan kondisi ke dokter terutama jika sakit kepala berulang disertai gejala lain seperti mual dan muntah.

Baca Juga: Istri dan Putri George Floyd Tuntut Keadilan, Minta Para Polisi yang Terlibat Dihukum Setimpal

Baca Juga: Klarifikasi Puskemas Terkait Isu Rapid Test di Pasar Haur Pancuh: Reaktif Bukan Berarti Positif

Halaman:

Editor: Rifki

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X