Meski Olahraga Pakai Masker Tak Apa-Apa, Warga Tetap Diimbau Olahraga di Rumah Selama Pandemi

- 1 Juni 2020, 10:51 WIB
Seorang pesepeda menggunakan masker melintas di jalan Braga, Kota Bandung.*
Seorang pesepeda menggunakan masker melintas di jalan Braga, Kota Bandung.* /dok.PRFM

BANDUNG,(PRFM) - Masker menjadi salah satu barang wajib yang digunakan di tengah pandemi covid-19. Bahkan terlihat warga yang berolahraga seperti saat bersepeda ataupun berlari tetap menggunakan masker.

Lantas, apakah penggunaan masker ini aman digunakan saat berolahraga?

Kepala Regional Bandung Klinik Jejaring Padjadjaran, dr. Dhany Kartika Sari mengatakan, masih ada orang yang merasa tidak nyaman saat menggunakan masker. Mereka harus beradaptasi dulu agar terbiasa menggunakan masker.

Baca Juga: Pemprov Jabar Lakukan Pengawasan Melalui Mobile Covid-19 Test

"InsyaAllah sebetulnya tidak apa-apa, bahkan saya sebelum covid ini pun sudah terbiasa pakai masker saat berolahraga di luar seperti buat lari," sebut Dhany saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin (1/6/2020).

Jika menggunakan masker saat berolahraga, kemudian merasa kurang nyaman, jelas Dhany, itu lebih kepada belum terbiasa. Jika nanti sudah terbiasa, maka saat berolahraga ataupun menjalankan aktivitas lainnya dengan menggunakan masker akan terasa nyaman dan terbiasa.

Baca Juga: Masjid Nabawi Sudah Kembali Dibuka untuk Umum, Begini Suasananya

"Kemudian ada yang merasa tidak nyaman atau ada perbedaan mungkin belum adaptasi atau belum terbiasa jadi adaptasinya perlu ada waktu saja," jelasnya.

Meski demikian, Dhany mengingatkan warga agar tak sembarangan menggunakan masker. Ada hal-hal yang harus tetap diikuti jika akan berolahraga menggunakan masker seperti memastikan agar sirkulasi oksigen yang masuk dan keluar melalui rongga mulut dan hidung harus tetap lancar.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x