Pemprov Jabar Lakukan Pengawasan Melalui Mobile Covid-19 Test

- 1 Juni 2020, 06:59 WIB
Pelaksanaan tes masif via Mobile COVID-19 Test di Kota Cimahi, Minggu (31/5/2020).*
Pelaksanaan tes masif via Mobile COVID-19 Test di Kota Cimahi, Minggu (31/5/2020).* /HUMAS JABAR

BANDUNG,(PRFM) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) terus melakukan berbagai upaya dalam rangka pananggulangan penyebaran covid-19 di Jabar. Salah satunya adalah dengan melakukan Pengetesan masif secara intens untuk membatasi ruang gerak SARS-CoV-2, dan melakukan penyekatan sehingga penularan covid-19 dapat dikendalikan, terutama saat penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal.

Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian Massal, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan covid-19 Jabar Siska Gerfianti menyatakan, pengetesan masif akan memobilisasi ambulans Puskesmas Keliling (Pusling) di 27 kabupaten/kota, yang jumlahnya mencapai 627, sebagai Mobile covid-19 test.

Baca Juga: Masjid Nabawi Sudah Kembali Dibuka untuk Umum, Begini Suasananya

"Setiap kecamatan akan punya Mobile covid-19 Test. Jadi, kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota agar Puskesmas Keliling yang ada di satu kecamatan menjadi Mobile covid-19 Test," kata Siska saat meninjau pelaksanaan tes masif via Mobile COVID-19 Test di Kota Cimahi, Minggu (31/5/2020).

Mobile covid-19 Test akan dilengkapi dengan 100 alat rapid test. Pengetesan pun diprioritaskan di kerumunan-kerumunan. Siska mengatakan, peningkatan kewaspadaan dengan melakukan pengetesan masif via Mobile covid-19 Test dapat menekan potensi persebaran covid-19 yang membahayakan warga.

"Kegiatan ekonomi sudah mulai dibuka, tapi kami tetap memberikan pengawasan dan pelacakan. Masalahnya kerumunan adalah sumber penularan. Maka, Mobile COVID-19 Test ini menjadi pertahanan untuk tetap mengawasi kerumunan-kerumunan, sehingga tidak akan menjadi sumber penularan," ucapnya.

Baca Juga: Pelatihan Manajemen Media Sespimmen Polri, Dekan Fikom Unpad Ingatkan Pentingnya Komunikasi

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Pratiwi mengatakan, Mobile covid-19 Test dapat menjangkau titik-titik kerumunan dengan cepat. Ia pun mencontohkan pelaksanaan tes masif dengan Mobile covid-19 Test pada Minggu (31/5/2020), yang mana pihaknya dapat menggelar tes di tiga tempat sekaligus, yakni Pasar Atas untuk pedagang dan penjual, depan RSUD Cibabat untuk pengemudi ojek online, dan salah satu supermarket.

“Untuk hari-hari berikutnya kita akan lihat lagi, tapi yang penting spot-spot keramaian itulah titik point yang akan kita laksanakan mobile rapid ini,” kata Pratiwi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x