CEK FAKTA: Ada Asrama Tentara Merah China di Bandung Barat?

- 24 Mei 2021, 20:01 WIB
Ilustrasi tentara merah Tiongkok.*
Ilustrasi tentara merah Tiongkok.* /AFP./



PRFMNEWS - Sebuah kabar beredar dan menyebutkan bahwa Asrama Tentara Merah China saat ini sedang dibangun di daerah Cikalong Wetang, Kabupaten Bandung Barat.

Kabar yang menyebut adanya pembangunan Asrama Tentara Merah China ini ramai beredar di media sosial, khususnya di aplikasi berbalas pesan WhatsApp.

Dari hasil pengecekan data yang dilakukan Redaksi PRFM, dugaan terhadap adanya Pembangunan Asrama Tentara Merah China ini bermula dari sebuah foto yang memperlihatkan area bekas mess pekerja asal China di Kampung Ciganda, Desa Rende, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat

Baca Juga: BPKN Sebut Pemilik Data Pribadi BPJS Kesehatan yang Diduga Bocor Bisa Ajukan Gugatan Hukum

Area bekas mess pekerja asal China itu dulunya digunakan untuk mobilisasi pengerjaan terowongan 64 pada proyek Kereta Cepat Indonesia-China (KCIK) untuk rute Jakarta-Bandung.

Baca Juga: Update CPNS 2021: Pemerintah Kota Bandung Dapat Jatah Lebih dari 3 Ribu Formasi Calon ASN

Merujuk hasil pantauan di lapangan oleh Tim Jabar Saber Hoaks, mess bagi pekerja asal China di Cikalong Wetan tersebut sudah dibongkar sejak awal Maret 2021 ini.

Kabar tentang adanya pembangunan Asrama Tentara Merah China di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, telah dikonfirmasi oleh Kominfo sebagai informasi yang keliru
Kabar tentang adanya pembangunan Asrama Tentara Merah China di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, telah dikonfirmasi oleh Kominfo sebagai informasi yang keliru Dok Kominfo.

Dengan demikian foto yang diklaim sebagai bangunan untuk Asrama Tentara Merah China yang beralamat di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat adalah keliru.***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x