Masyarakat Diminta Aktif Berpartisipasi Dalam Pemberantasan Pungli di Kabupaten Bandung

- 12 November 2020, 11:53 WIB
Talkshow "Pencegahan Pungutan Liar di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Tahun 2020" di Grand Sunshine Resort & Convention, Soreang, Kamis 12 November 2020
Talkshow "Pencegahan Pungutan Liar di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Tahun 2020" di Grand Sunshine Resort & Convention, Soreang, Kamis 12 November 2020 /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten Bandung menggelar talkshow dengan tema "Pencegahan Pungutan Liar di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Tahun 2020" yang bertempat di Grand Sunshine Resort & Convention, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 12 November 2020.

Kepala BKPSDM sekaligus Ketua Pokja Pencegahan Saber Pungli Kabupaten Bandung, Wawan A Ridwan mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi baik kepada internal pemerintah daerah dan juga masyarakat agar lebih mewaspadai praktik pungli.

Pihaknya juga menggandeng pembicara Kapolresta Bandung yang diwakili KBO Satreskrim Polresta Bandung, Iptu Anggi Prasetyo dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung, Paryono dalam kegiatan hari ini. Masing-masing pembicara memaparkan materi yang berbeda seputar pungutan liar.

Baca Juga: Ketua KPK Sesumbar Akan Tangkap Kepala Daerah, FITRA: Terkesan Ingin Lebih Banyak Sensasi

"Ini kegiatan bagian unit pencegahan pungli, saya berkolaborasi dengan Kapolresta Bandung, Kejari Bandung, lalu dari sisi pemahaman regulasi hukum juga akan lebih cepat penindakan termasuk pemahaman regulasi yang ada," ujar Wawan saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel.

Menurut Wawan, kegiatan seperti ini perlu dilakukan agar terus mengingatkan semua pihak agar awas terhadap praktik pungli. Pasalnya, Pemkab Bandung berkomitmen untuk menciptakan birokrasi yang bersih, menjunjung tinggi integritas dan pelayanan optimal bagi masyarakat di lingkan Pemerintah Kabupaten Bandung.

Terkait laporan yang masuk ke pihaknya, Wawan mengakui saat ini mengalami penurunan. Kendati demikian hal ini tidak berarti pihaknya boleh lengah.

Baca Juga: Musim Hujan, Dinas PUTR Kabupaten Bandung Siapkan Langkah Antisipasi Pohon Tumbang

Maka dari itu, ia sangat mengharapkan partisipasi masyarakat yang lebih aktif untuk memberikan saran, masukan hingga pelaporan kepada Pokja Pencegahan Saber Pungli. Pasalnya, sehebat apapun inovasi pemerintah jika tidak ada partisipasi masyarakat maka akan sia-sia.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x