Lucu, Ternyata Begini Asal-usul Nama Odading, Kudapan Enak Khas Bandung

- 21 Juni 2024, 19:40 WIB
Ade Londok 'Odading Mang Oleh'.
Ade Londok 'Odading Mang Oleh'. /Foto: Fix Indonesia

BANDUNG, PRFMNEWS - Penamaan kudapan enak khas Bandung yaitu Odading ternyata berawal dari kisah atau cerita lucu. Cerita ini terjadi pada zaman Belanda ratusan tahun lalu.

Odading sendiri adalah kudapan khas Bandung yang dulu sempat viral. Odading berbentuk bulat dan terbuat dari terigu dengan cita rasa manis, jadi makanan yang banyak disukai masyarakat.

Odading sempat menjadi buah bibir di kalangan netizen, ketika video yang diunggah seorang warga Bandung bernama Ade Londok yang mereview odading Mang Oleh viral.

Baca Juga: Awas Ada Sanksi! Inilah 6 Jenis Sanksi Bagi Para Wajib Pajak yang Belum Lakukan Pemadanan NIK dan NPWP

Namun ternyata dibalik nama ‘odading’ ada kisah menarik yang menjadi penyebab lahirnya nama tersebut. Bukan dari bahasa Sunda, tapi diadopsi dari bahasa Belanda.

Menurut Remmy Sylado dalam tulisannya yang bertajuk ‘Disumpahi Pemuda: Satu Nusa Satu Bangsa Dua Languanges’ yang dipresentasikan di The University of Melbourne, sejarah odading memiliki ‘hubungan’ dengan suatu peristiwa keluarga Belanda zaman dulu.

Singkat cerita, suatu hari seorang putra tuan atau pejabat Belanda menginginkan kue yang dijajakan anak kampung.

Anak kecil itu pun mengutarakan keinginannya kepada ibunya.

Baca Juga: Pemda di Cekungan Bandung Diajak Kolaborasi Lestarikan Sungai Citarum, Sekda Jabar: Perkuat Pengelolaan Sampah

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah