Asal-usul Nama Cihanjuang di Bandung Barat, Kaget! Ternyata Diambil dari Kata Ini

- 20 Juni 2024, 17:40 WIB
Situasi kepadatan arus lalin di Jalan Cihanjuang, Kecamatan Cimahi, Kota Cimahi, Minggu 25 Oktober 2020 pagi. Jalan Cihanjuang meupakan jalur alternatif menuju kawasan wisata Lembang.
Situasi kepadatan arus lalin di Jalan Cihanjuang, Kecamatan Cimahi, Kota Cimahi, Minggu 25 Oktober 2020 pagi. Jalan Cihanjuang meupakan jalur alternatif menuju kawasan wisata Lembang. /BUDI SATRIA/PRFM.



BANDUNG, PRFMNEWS - Cihanjuang adalah sebuah desa perbatasan antara Kota Cimahi dengan Kabupaten Bandung Barat. Secara administratif, Cihanjuang masuk ke wilayah Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Cihanjuang juga menjadi salah satu jalan yang kerap dilintasi wisatawan yang ingin berlibur ke beberapa destinasi wisata di Lembang atau Parongpong. Hal ini menjadikan Cihanjuang memiliki ikon oleh-oleh yang unik yaitu Tahu Susu Cihanjuang dan Donat Madu Cihanjuang.

Keberadaan dua oleh-oleh khas ini ternyata bukan di Cihanjuang saja, namun juga di beberapa tempat di luar Cihanjuang bahkan di luar kota.

Baca Juga: Raos Pisan! Ini Resep Soto Bandung dengan Kuah Bening yang Gurih dan Menyegarkan

Berbicara tentang Cihanjuang, tahukah Anda bagaimana asal-usul penamaannya?

Dinukil laman resmi Pemkab Bandung Barat pada Kamis 20 Juni 2024, Cihanjuang ternyata berasal dari nama tanaman.

Pada tahun 1980, Cihanjuang dikenal sebagai daerah pertanian yang besar. Hasil panen yang berasal dari Cihanjuang didistribusikan ke beberapa wilayah di Jawa.

Hasil pertanian di Cihanjuang diantaranya adalah palawija, sayur mayur, padi, dan buah-buahan, sehingga Cihanjuang memiliki banyak daerah perkebunan yang asri.

Baca Juga: Asal-Usul Nama Arcamanik Bandung, Ternyata Berasal dari Penemuan Patung pada Tahun 1880

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah