2 Proyek yang Diyakini Mampu Bantu Atasi Macet di Bandung Raya

- 8 Maret 2024, 12:30 WIB
Nota Kesepakatan antara Kemenhub, Pemda Jawa Barat dan Pemkab Pemkot di Wilayah Bandung Raya untuk operasionalisasi BRT di Kota Bandung, Kamis 7 Maret 2024
Nota Kesepakatan antara Kemenhub, Pemda Jawa Barat dan Pemkab Pemkot di Wilayah Bandung Raya untuk operasionalisasi BRT di Kota Bandung, Kamis 7 Maret 2024 /Diskominfo Kota Bandung

BRAGA, PRFMNEWS - Kemacetan masih menjadi salah satu persoalan yang belum terselesaikan di Bandung Raya, khususnya di Bandung. Karenanya perlu banyak upaya untuk mengatasi macet di Bandung ini.

Kini, dua proyek tengah disiapkan untuk mengatasi macet di Bandung yaitu operasional Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya dan juga tol dalam kota atau Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR).

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono menjelaskan, pemkot Bandung sangat menyambut baik kesepakatan bersama operasionalisasi BRT di kawasan cekungan Bandung karena bisa mengatasi kemacetan.

Menurut dia, di tengah lonjakan penduduk perlu ada solusi transportasi massal yang andal agar penggunaan kendaraan pribadi pun tak lagi masif.

Baca Juga: Proyek BRT dan Tol Dalam Kota Bandung Dipastikan JadiSolusi Kemacetan Bandung Raya Mulai 2024

“Mau tidak mau, kawasan cekungan Bandung ini luar biasa pertumbuhan penduduk,” ujar Bambang usai menandatangani Komitmen Bersama untuk Sinergi Pengembangan Sistem Perpajakan berbasis Digital serta Nota Kesepakatan antara Kemenhub, Pemda Jawa Barat dan Pemkab/Pemkot di Wilayah Bandung Raya untuk operasionalisasi BRT di Kota Bandung, Kamis 7 Maret 2024.

Bambang optimis, operasional BRT mampu mengurai kemacetan di Kota Bandung. Selain itu, hadirnya BRT akan mendorong perilaku masyarakat untuk mulai menggunakan transportasi massal.

Di sisi lain, Pemkot Bandung juga akan melakukan "re-routing" serta kajian untuk memastikan keberlangsungan BRT juga transportasi massal yang sudah ada di Kota Bandung.

“Kami akan menata rute. kita akan kaji bersama,” ujar Bambang.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x