Halte dan Jalur Khusus BRT Bandung Raya Segera Dibangun, Mana Saja Rute yang Dilintasi?

- 28 Januari 2024, 18:30 WIB
Pemkot Bandung gelar rapat persiapan Transportasi Massal BRT
Pemkot Bandung gelar rapat persiapan Transportasi Massal BRT /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyampaikan halte dan jalur khusus rute pilot project Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya akan segera dibangun tahun 2024 ini.

Pembangunan halte dan jalur khusus BRT Bandung Raya akan dilakukan pada 4 (empat) rute pilot project dengan target dapat selesai dan digunakan guna mendukung operasional transportasi umum tersebut pada pertengahan 2024.

“Wargi moda transportasi umum massal Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya ditargetkan akan beroperasi di tahun 2024 ini. Yuk wargi bersiap untuk perubahan,” tulis akun Instagram Dishub Jabar, Jumat 26 Januari 2024.

Baca Juga: Potensi Macet Selama Pembangunan Prasarana 4 Rute BRT Bandung Raya yang Segera Dimulai

Pembangunan halte dan jalur khusus BRT Bandung Raya pada lintasan 4 rute pilot project ini menjadi bagian proyek Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Pemprov Jabar dengan dana berasal dari pinjaman Bank Dunia.

Empat koridor rute pilot project BRT Bandung Raya yang akan beroperasi di jalur khusus dengan halte yang tersebar di sepanjang lintasan ini terdiri atas dua koridor eksisting dan dua lagi merupakan trayek baru.

Dua koridor eksisting BRT Bandung Raya selama ini dilayani oleh Teman Bus atau Trans Metro Pasundan (TMP) Bandung Raya yang dikelola Ditjen Hubdat Kemenhub, kemudian diambil alih oleh Dishub Jabar pada Januari 2024, terdiri atas:

Baca Juga: Jadwal Pertunjukan Barongsai di Mall Kota Bandung, Januari - Februari 2024

· Koridor 2D Bus TMP menjadi Koridor 1 BRT: Alun-alun Bandung – Padalarang (jalur yang ditempuh sepanjang 22 km, akan dilayani 20 unit bus)

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x