Cari Solusi Banjir hingga Macet, Pemkot Bandung Buka Peluang Kerja Sama dengan Singapura

- 16 Januari 2024, 15:00 WIB
Kementerian Luar Negeri Singapura menyambangi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk membahas beragam kerja sama yang bisa dijajaki di tahun ini.
Kementerian Luar Negeri Singapura menyambangi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk membahas beragam kerja sama yang bisa dijajaki di tahun ini. /Diskominfo Kota Bandung/

BRAGA, PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjajaki kerja sama dengan Singapura di berbagai bidang, mulai dari transportasi publik untuk menekan kemacetan, lingkungan untuk mengantisipasi banjir, hingga penguatan sumber daya manusia (SDM) untuk peningkatan pelayanan publik. Kerja sama antara Kota Bandung dan Singapura sudah terjalin sejak tahun 2014 dan diharapkan dapat terus berlanjut.

"Saya punya harapan besar jika kerja sama ini bisa berlanjut baik, terutama dalam aspek transportasi, ekonomi, lingkungan, sosial, dan lain sebagainya. Kompleksitas Kota Bandung bisa menjadi potensi kerjasama bagi Singapura," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono, Senin 15 Januari 2024.

Bambang menyampaikan bahwa Pemerintah Singapura telah bekerja sama dengan Kota Jambi dalam pelatihan pengolahan air. Untuk itu, ia ingin turut belajar dari Singapura untuk penanganan permasalahan air seperti banjir yang masih kerap terjadi di Kota Kembang.

"Kemudian ada juga kemacetan, permasalahan ini juga penting untuk kita bahas. Dengan adanya pelatihan dari Singapura bisa menambah pengetahuan dari para pejabat atau pelaksana pelayanan publik," tutur dia.

Baca Juga: Tak Main-main, Ancaman Banjir Rendam Kota Bandung Kini Makin Nyata, Dosen ITB Ungkap Fakta ini

Dia lanjut menjelaskan, Kota Bandung memiliki lebih dari 10.000 produk UMKM yang butuh untuk dicarikan pangsa pasarnya di Singapura. Terlebih Kota Bandung juga memiliki potensi dalam bidang fesyen dan craft.

"Jadi kami berharap kerja sama ini bisa menghasilkan informasi mengenai pangsa pasar dan sertifikasi yang harus dipenuhi oleh UMKM jika ingin memperluas jangkauan ke Singapura," sebutnya.

Bambang berharap pula adanya pelatihan SDM bagi para pegawai Pemkot Bandung khususnya yang berhadapan langsung dengan masyarakat sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan pelayanan publik.

"Saya rasa bisa dikolaborasikan. Tinggal kita tentukan saja yang mana menjadi prioritas. Pemkot akan coba memfilter terlebih dahulu mana sekiranya yang akan dikerjasamakan di tahun ini dan ke depannya bersama Pemerintah Singapura,” paparnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x