Parkir Liar Picu Kemacetan, Pj Wali Kota Bandung Buka Opsi Pinjam Lahan Parkir Perkantoran

- 11 Januari 2024, 20:30 WIB
Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono di Studio Radio PRFM, Jumat 10 Januari 2024
Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono di Studio Radio PRFM, Jumat 10 Januari 2024 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono memastikan masalah parkir liar yang menjadi salah satu penyebab kesemrawutan dan kemacetan di beberapa ruas jalan Kota Kembang masuk dalam daftar resolusi pemerintah kota (pemkot) untuk bisa diselesaikan secara bertahap pada tahun 2024.

Bambang Tirtoyuliono tak menampik praktik parkir liar memang masih terjadi di beberapa titik Kota Bandung sehingga perlu segera dilakukan penataan dan penertiban. Salah satu solusi yang sedang diupayakan adalah meminjam lahan parkir perkantoran pada waktu akhir pekan atau hari libur.

“Salah satu opsi yang kita siapkan yaitu ingin memanfaatkan di waktu-waktu libur, perkantoran di Kota Bandung ini bisa dipakai sarana perparkirannya. Karena kalau menyediakan lahan khusus ini kan agak kesulitan,” ungkap dia saat berbincang di Radio PRFM, Rabu 10 Januari 2024.

Baca Juga: TNI Polri Jaga Ketat Gudang KPU di Kabupaten Bandung

Lebih rinci dia menjelaskan, opsi meminjam lahan parkir perkantoran ini akan dilakukan pada momen liburan atau akhir pekan di saat jumlah wisatawan berkunjung ke Kota Bandung khususnya ke lokasi-lokasi ruang publik yang menjadi favorit mengalami peningkatan signifikan.

“Contoh misalkan, kendaraan tujuan ke alun-alun di hari-hari libur ini kan luar biasa tinggi. Kenapa tidak perkantoran di sepanjang Jalan Asia Afrika ini yang akan kita kolaborasikan meminjam lahan parkirnya untuk digunakan. langkah-langkah ini yang akan kita coba lakukan,” terangnya.

Bambang pun mengungkapkan lokasi-lokasi di Kota Bandung yang saat ini masih terjadi praktik parkir liar dan dalam waktu dekat secara bertahap akan ditertibkan, sehingga wajah Kota Kembang semakin rapi dan nyaman serta turut bantu mengurangi tingkat kemacetan.

Baca Juga: Pj Wali Kota Buka-bukaan Ungkap Bandung Masih Banyak PR di 2024 Meski Telah Raih 430 Penghargaan

Dia mencontohkan kasus parkir liar di kawasan Alun-alun Kota Bandung yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu terkait penarikan tarif lebih tinggi dari yang telah ditetapkan Pemkot Bandung.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x