Pemkot Cimahi Targetkan Tak Lagi Buang Sampah ke TPA Sarimukti, ini Langkah yang Dilakukannya

- 29 September 2023, 13:30 WIB
Kondisi tumpukan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat.
Kondisi tumpukan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Dalam waktu dua tahun ke depan, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menargetkan nol sampah yang dibuang ke TPA Sarimukti, di Kabupaten Bandung Barat.

Demi mencapai target itu, Pemkot Cimahi sudah mulai menyusun strategi agar tak ada lagi sampah dari Cimahi yang dibuang ke TPA Sarimukti.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, untuk mewujudkan ambisi itu, Pemkot Cimahi akan menggencarkan pemilahan sampah dari sumber baik dari perumahan maupun industri.

Baca Juga: Pembuang Sampah Sembarangan di Cimahi Bakal Disidang, Terancam Denda Rp50 Juta Atau Penjara 3 Bulan

"Harus total semuanya yang ada di Cimahi secara perlahan-lahan mau melakukan pilah sampah di sumber. Di rumah tangga maupun beberapa kawasan yang dilayani oleh pemkot seperti ada industri, pasar dan lain sebagainya. Itu yang harus kita lakukan," kata Chanifah dikutip dari laman resmi Pemkot Cimahi.

Pemkot Cimahi akan menyiapkan beberapa tempat pembuangan sementara (TPS) untuk dijadikan lokasi mengolah sampah organik maupun anorganik. Di TPS yang sudah ditentukan yakni di Pasar Atas, Leuwigoong dan Cibeber nantinya akan disiapkan alatnya.

"Jadi nanti semua sampah harapannya oganik bisa selesai di wilayah. Kalau tidak bisa habis di lokasi masing-masing dikirim ke TPS nanti kita treatmen di TPS itu organik," ujar Chanifah.

Baca Juga: Cimahi Bakal Punya 1 Polsek Baru di Desember 2023, Dibangun Rp2,4 M dari Dana Hibah Pemkot

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x