Langkah Ducting yang Dilakukan Pemkot Bandung Mendapat Dukungan Apjatel

- 4 Agustus 2023, 13:30 WIB
Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna meninjau pengerjaan ducting di Jalan Riau.
Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna meninjau pengerjaan ducting di Jalan Riau. /HUMAS BANDUNG


PRFMNEWS - Hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung terus berupaya merapihkan kabelfiber optik udara, salah satunya dengan cara ducting.

Ducting yang dilakukan Pemkot Bandung yang sudah dilakukan di beberapa ruas jalan protokol di Kota Bandung ini mendapat dukungan dari Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel).

Bahkan Apjatel sudah berkoordinasi Diskominfo Kota Bandung agar kasus terjeratnya warga karena kabel optik udara tidak terjadi di Kota Bandung.

Baca Juga: Maksimalkan Pembangunan Teras Cihampelas 2, Pemkot Bandung Tertibkan Kabel Udara yang Melintasi Skywalk

Ketua Dewan Pengurus Apjatel Pusat, Jerry Mangasas Swandy mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Bandung yang telah bergerak cepat merapikan serta ducting kabel fiber optik udara.

"Kami berharap energi tersebut bisa dilakukan ke semua tempat dan memang sudah dilakukan terbukti di Kota Bandung Hari ini dilakukan meeting bersama Kepala Diskominfo Kota Bandung, ada beberapa target bersama secara kolaborasi dalam hal perapian jaringan otoritas khususnya," ujar Jerry di Balai Kota Bandung, Kamis 3 Agustus 2023.

Ia memaparkan tiga upaya yang akan dilakukan bersama Pemkot Bandung. Pertama, merapikan kabel udara dengan crimping yakni menyatukan kabel-kabel udara itu agar tidak kendor dan berakibat kecelakaan seperti yang terjadi di Kota Jakarta.

Baca Juga: Pemkot Bandung Terus Tertibkan Kabel Udara di Banyak Tempat Agar Tak Lagi Semrawut

"Kedua akan dilakukan relokasi beberapa sesuai dengan program terintegrasi dari Pemkot Bandung. Ketiga sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) yang sudah dilakukan di 13 ruas jalan sejak 2003 di Kota Bandung. Saat ini SJUT ruas jalan yang dibahas adalah di segmen Jalan Riau kurang lebih sekitar 5 km," paparnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x