Imbas Longsor di Purwakarta Jumat Malam, Jalur Lumpuh-Perjalanan KA Daop 2 Bandung Terganggu

- 6 Mei 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi, perjalanan Kereta api Daop 2 Bandung tergganggu imbas terjadinya longsor di Ciganea, Purwakarta, Jumat 5 Mei 2023 malam
Ilustrasi, perjalanan Kereta api Daop 2 Bandung tergganggu imbas terjadinya longsor di Ciganea, Purwakarta, Jumat 5 Mei 2023 malam /Dok PT KAI.

PRFMNEWS – Longsor di petak jalur rel Sukatani-Ciganea, Kabupaten Purwakarta, Jumat 5 Mei 2023 malam berimbas pada gangguan operasional perjalanan sejumlah kereta api (KA) dari arah Bandung maupun Jakarta.

Jadwal keberangkatan dan kedatangan sejumlah kereta api pun berubah hingga mengalami keterlambatan imbas longsor di petak jalur rel kawasan Purwakarta tersebut tidak bisa dilewati KA.

PT KAI Daop 2 Bandung telah menyiapkan pola rekayasa perjalanan kereta api (KA) sebagai solusi sementara selama proses perbaikan lintasan rel yang terganggu akibat longsor pada Jumat malam.

Baca Juga: Ketua DPRD Kota Bandung Sampaikan Kabar Terbaru TPA Sarimukti

Adapun dugaan penyebab terjadinya longsor di lokasi petak jalur rel kawasan Purwakarta pada 5 Mei 2023 malam tersebut karena hujan deras yang mengguyur lokasi tersebut.

"Longsor di sejumlah titik tersebut disinyalir diakibatkan derasnya curah hujan pada daerah tersebut sejak sore hari," kata Manajer Humas PT KAI Daop 2 Mahendro Trang Bawono, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Mahendro menjelaskan, longsor terjadi di tiga titik pada petak jalan tersebut, tepatnya di KM 111+000 sampai dengan 111+400. Longsor itu pun menurutnya mengakibatkan jalur KA tersebut lumpuh total.

Sejauh ini, dia mencatat ada tiga perjalanan kereta api yang mengalami keterlambatan. Di antaranya, KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 18.30 WIB mengalami keterlambatan 38 menit.

Baca Juga: Pria yang Melakukan Aksi Tidak Senonoh di Gang Kemayoran Ditangkap dan Dijadikan Tersangka

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x